121 Jum'at, 28 Februari 2014 | 01:19:14

Kelebihan dan Kekurangan 4 Arah Rumah di Pulau Jawa

kelebihan-dan-kekurangan-4-arah-rumah-di-pulau-jawa

Tahukah anda, arah rumah juga berpengaruh besar dalam menciptakan kenyamanan tinggal di rumah. Rumah yang menghadap ke arah yang benar akan membantu matahari untuk menyinari posisi ruang yang pas. Semakin tepat sudut rumah yang terkena sinar matahari di waktu yang benar, maka akan semakin besar rasa nyaman yang akan dimiliki oleh bangunan rumah itu sendiri. Berdasarkan posisi matahari, maka posisi arah rumah di Pulau Jawa yang baik secara berurutan adalah :

1. Menghadap ke SELATAN (nilai : *****)
Arah rumah yang menghadap ke selatan menyebabkan teras rumah akan lebih sering teduh karena posisi matahari lebih banyak di bagian utara. Sementara itu, halaman belakang rumah akan terkena sinar matahari secara maksimal sehingga cocok sebagai tempat menjemur pakaian. Pada samping timur akan rutin terkena sinar matahari pagi dan samping barat akan terkena sinar matahari sore, sehingga rumah tidak lembab.

2. Menghadap ke UTARA (nilai : ****)
Rumah yang menghadap ke arah utara menjadikan teras akan lebih banyak terkena sinar matahari. Hal ini membuat rumah cukup sehat, namun jika terlalu banyak sinar kadang-kadang terlalu mengganggu. Oleh karena itu, rumah perlu ditambah kanopi yang memanjang ke depan agar teras aman dari sengatan terik matahari langsung. Jika anda kurang suka dengan kanopi, cobalah menggantinya dengan menanam pohon yang rindang di depan rumah sebagai penghalang sinar matahari.

Pada bagian belakang rumah kurang bagus untuk dijadikan tempat menjemur pakaian karena jarang terkena sinar matahari. Tempat jemuran yang tepat berada di sisi timur rumah, hindari menjemur pakaian di depan rumah karena kurang sopan. Di sisi timur dan barat ini rumah akan maksimal terkena sinar matahari, seperti halnya rumah yang menghadap ke selatan.

3. Menghadap ke TIMUR (nilai : ***)
Posisi ini paling nyaman saat di pagi hari, teras rumah akan mendapatkan sinar mentari pagi yang menyehatkan. Tapi sinar di atas jam 9 akan terasa menyengat dan membuat udara menjadi panas. Alangkah baiknya jika kanopi rumah cukup panjang dan atau ada tanaman peneduh di halaman rumah. Posisi jemuran dapat dibuat di sebelah utara rumah karena lebih banyak terkena sinar matahari.

4. Menghadap ke BARAT (nilai : **)
Rumah yang menghadap ke barat akan sulit mendapatkan sinar matahari pagi. Hal ini membuat interiornya menjadi kurang sehat. Untuk mengatasinya, bukalah pintu belakang rumah di pagi hari dan buatlah tempat berkumpul yang nyaman di sana. Dengan begini, anda masih punya kesempatan untuk menikmati sehatnya mentari pagi.

Sementara itu, untuk tempat menjemur pakaian sebaiknya dipilih di samping utara karena sinar matahari yang didapatkan akan lebih banyak jika dibandingkan dengan samping selatang. Rumah yang menghadap ke barat juga terkenal berhawa panas karena matahari yang akan masuk paling banyak adalah ketika siang hari. Jadi, tanamlah pohon rindang yang mampu melindung pintu rumah dari terik matahari ini.

Sumber : Arafuru

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel