133 Selasa, 25 Februari 2014 | 04:15:52

Menentukan Zoning / Area Apartemen

menentukan-zoning-area-apartemen

Apartemen studio adalah jenis apartemen berkarakter efisien dan praktis. Harga jual atau harga sewa  umumnya lebih murah dari apartemen tipe lain karena ukuran luas unitnya  paling mungil,  yaitu antara 25 m² sampai 45 m². Bahkan, di negara lain seperti Jepang, Korea, dan kota-kota di Eropa, apartemen studio bisa seukuran  15 m².

Unit apartemen studio termasuk kategori single room  yaitu terdiri dari satu kamar tidur ditambah kamar mandi. Ada juga yang berbentuk ruangan kosong tanpa sekat kecuali  ruang untuk  kamar mandi. Idealnya satu unit apartemen studio harus dapat menampung fungsi sebagai dapur, ruang tamu, ruang makan, dan kamar tidur.

Karena ukurannya yang sangat terbatas itulah mengapa  unit studio ditata terbuka tanpa pembatas untuk kegiatan makan, memasak, duduk, dan tidur. Kamar mandi akan menjadi satu-satunya ruang terpisah dengan dinding pembatas permanen.  

Apartemen studio cocok dihuni oleh mahasiswa/i, pekerja single  atau bagi  mereka yang menghabiskan banyak waktu jauh dari rumah  dan hanya membutuhkan tempat untuk tidur sewaktu-waktu. Sebagai  tipe hunian yang efisien,  apartemen studio memerlukan beberapa kompromi dalam penataan interiornya maupun gaya hidup penghuninya.

Dalam menata  ruang apartemen tipe studio, pembatasan jumlah dan memilih bentuk perabotan menjadi sangat penting. Namun, yang terpenting adalah  tempat penyimpanan yang efektif di semua bagian apartemen.

Perhatikan  jenis ruang apa saja yang membutuhkan pembatas permanen, misalnya kamar tidur dan kamar mandi. Ruang lainnya seperti ruang makan, ruang duduk dan dapur  harus bisa diakomodasi dalam satu ruangan terbuka (open space).

Bagaimana agar alur  bermacam kegiatan di dalam rumah kecil  tanpa sekat ini  tidak tumpang tindih?  Lakukan zonasi untuk memberi pembeda  bagi  tiap aktivitas sehari-hari yang dilakukan. Zonasi bisa dilakukan dengan kreativitas pembatas ruang semipermanen, karpet lantai, peninggian level lantai,  maupun penempatan perabot yang teratur untuk  tiap area kegiatan.

Hal yang paling dihindari adalah membuat  zonasi  berupa dinding, kecuali untuk ruangan sangat pribadi, dalam hal ini adalah kamar mandi. Pilihan jenis dindingnya bisa partisi semipermanen seperti gypsum atau kayu,  atau dinding kaca. Untuk  kamar tidur, buat dengan sekat pembatas ringan seperti tirai kain. Gantungkan tirai di langit-langit ruang atau menggunakan trek khusus. (f)

Sumber : Femina

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel