10 Senin, 24 Februari 2014 | 01:22:48

Cara menghemat energi di rumah

cara-menghemat-energi-di-rumah

Untuk menghemat energi di rumah dapat dilakukan dari tiga sisi. yaitu perencanaan kebutuhan listrik, prilaku pemilik rumah, dan desain rumah. Pada sisi pertama kita dapat menghemat energi dengan memperhitungkan pemakaian kebutuhan listrik dan pemilihan peralatan pemanfaatan melalu:

  • Menyambung daya listrik dari PLN sesuai dengan kbutuhan rumah tangga, misalnya rumah tangga kecil cukp 450VA atau 900VA
  • Memilih peralatan pemanfaat listrik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, termasuk memilih peralatan yang memenuhi standar efisiensi

Lalu Anda juga harus memperhatikan prilaku diri sendiri. Anda bisa menghemat energi di rumah dengan cara menyalakan listrik saat diperlukan dan juga memelihara peralatan secara teratur.

Kemudian dari sisi desain bangunan rumah bisa juga menjadi faktor untuk menghemat energi. Lokasi dan bentuk desain rumah memainkan peran penting dalam efisiensi energi khususnya dalam hal pengaturan suhu dan pencahayaan. Misalnya bukaan-bukaan dalam sebuah  bangunan rumah seperti pintu dan jendela sebaiknya dibangun menghadap Utara atau Selatan agar tidak secara langsung tersinar matahari.

Memastikan tidak ada celah atau ruang hampa di antara dinding, seal jendela atau pintu juga membantu menjaga agar udara panas tidak mudah masuk ke dalam rumah sehingga beban AC tidak terlalu berat. Sirkulasi udara yang baik di dalam rumah melalui langit-langit yang lebih tinggi atau sistem ventilasi yang efektif juga akan mengurangi beban AC.

Sumber: Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel