143 Senin, 17 Februari 2014 | 11:13:42

Pentingnya Detail Dalam Desain

pentingnya-detail-dalam-desain

Ruang yang didesain dengan baik tak hanya memberi tampilan visual yang menarik namun juga harus memberi kehangatan dan kenyamanan bagi jiwa. Untuk melakukan pekerjaan desain, fokusnya tak hanya berkutat pada penataan objek yang apik tapi juga sangat ditentukan oleh pemilihan objek yang tepat. Tak hanya berpikir tentang “apa” tetapi juga “siapa”.  Apa yang diaplikasikan dan siapa yang akan menikmati dan menggunakan. Untuk itulah fungsi menjadi pertimbangan utama di samping selera.

Setiap individu punya selera yang berbeda menyangkut jenis objek apa yang dipakai dan bagaimana penataannya. Sebuah ruang yang didesain sesuai dengan selera penghuni dan pemakainya akan menghadirkan sentuhan personal yang unik yang memberi rasa dekat, nyaman, dan hangat.

Pekerjaan desain juga tidak melulu berhubungan dengan sesuatu yang besar dan memberi perubahan yang banyak, misalnya mengubah layout ruang.  Perlakuan yang kecil yang memperhatikan detail, sangat dimungkinkan dapat memberi perubahan yang besar dalam tampilan visual dan kesan. Ekplorasi detail apa saja yang bisa diterapkan dan apa perannya dalam pekerjaan desain ini?

Soft Furnishing
Penciptaan suasana dapat dengan mudah dilakukan dengan pemilihan soft furnishing yang tepat. Penentuannya dapat dilakukan melalui pemilihan pada jenis, warna, pola, dan teksturnya. Selain pilihan jenis bahan, daya tahan dan tingkat perawatan menjadi sesuatu yang krusial dalam memilih soft furnishing.

Dalam desain, aplikasi soft furnishing dapat hadir melalui sarung bantal, taplak, karpet, kap lampu, atau kain gorden. Perbedaan jenis, warna, pola dari bahan-bahan ini akan menyajikan ekspresi yang berbeda pada ruangan.

Apa peran tekstur? Tekstur, akan memberi sensasi pada indra manusia.  Setiap benda menampilkan ekspresi tekstur yang berbeda dan unik. Perpaduan tekstur yang halus dengan yang kasar akan menghasilkan kontras yang membentuk keserasian dan sensasi yang menyegarkan.

Penataan Objek dan Aksesori
Penataan objek menentukan keberhasilan desain secara keseluruhan. Aksesori diperlukan sebagai sentuhan akhir yang menegaskan karakter dan suasana ruang. Mempelajari jenis objek adalah langkah pertama, baru kemudian menatanya. Objek bisa diatur menurut jenis, fungsi, atau ukurannya. Namun, sebuah kreasi yang seragam, tanpa adanya variasi, dapat menciptakan sesuatu yang monoton. Memainkan komposisi dapat menjadi solusi kemonotonan ini.

Setiap objek atau benda memiliki sifat bentuk, ukuran, warna, dan tekstur. Kesatuan visual menjadi penting ketika kita memainkan komposisi objek apapun.

Permainan komposisi bisa dilakukan dengan metode pengulangan atau menghadirkan objek secara berulang, baik pengulangan warna, tekstur, maupun jarak yang sama. Komposisi bisa hadir dalam sebuah tampilan yang kontras, atau juga permainan pola yang teratur maupun yang tidak teratur. Apapun metode yang dipilih sah-sah saja, yang penting tetap serasi dan apik. Penggunaan lemari display juga menentukan hasil akhir. Lemari display, bisa berupa lemari tanam atau ambalan. Menampilkan dan menata artwork bisa diletakkan di lemari ini.

(Johanna Erly Widyartanti)
Sumber : Tabloid Rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel