102 Selasa, 11 Februari 2014 | 04:05:50

'Aturan' Dasar Memasang Gambar di Dinding

aturan-dasar-memasang-gambar-di-dinding

Menggantung gambar baik berupa lukisan, foto atau materi tiga dimensi di dinding tak sembarang pasang. Harus ada sentuhan khusus agar dekorasi ruangan Anda tidak berantakan. Kuncinya, dekorasi dinding harus seimbang secara visual. Tapi seimbang tidak harus kanan dan kiri sama lo. Berikut Tips dari  Mary Cockrill , seorang desainer interior.

Berat visual
Perhatikan berat visual gambar yang akan Anda pasang. berat di sini tak ada kaitannya dengan bobot, tetapi soal tampilan. Misalnya gambar yang berbingkai tentu tampilan lebih berat dibanding tak berbingkai. Begitu juga bila bingkai tebal dan lebar, tentu kesan lebih berat secara visual.

Merah, hijau, dan biru secara visual lebih "berat" dibanding  kuning, pink, dan putih.

Patung logam dinding tampak lebih ringan dibanding  cetakan logam yang diberi bingkai hitam dan tebal. Patung logam memiliki daerah terbuka, sedangkan cetakan logam berbingkai memiliki massa dipadatkan.

Simetris
Dekorasi dinding model simetris tentu paling gampang. Misalnya, menggantung gambar serupa dalam ukuran, framing,  dan materi yang sama di kedua sisi kursi. Ini sudah tercipta deskorasi simetris.  Misalnya Anda 4, 6, 8 gambar yang akan ANda pasang. Tinggal membagi dua. Untuk mendapatkan posisi yang paling seimbang,

Anda bisa mencoba dengan beragam variasi. Kalau kurang cocok, coba dicoba polisi yang lain.

Asimetris
Anda juga bisa membuat model asimetris yang berbeda konsepnya dengan dekorasi simetri, meski hasilnya sama, yakni menciptakan keseimbangan visual. Namun untuk model ini keseimbangan diimbangi dengan perabot-perabot lain dalam ruang tersebut.

Misalnya, menggantung gambar  berbingkai besar di dinding di atas sisi kiri sofa. Nah agar seimbang sisi kanan, maka gambar yang lebih kecil yang menggantung di atas rak dinding yang atasnya dengan vas tanaman. Meskipun dekorasi tidak simetris tapi tercipta keseimbangan visual lewat rak dinding.

Tips lain
Menggantung dekorasi dinding secara horisontal akan membuat kesan dinding lebih luas. Sebaliknya, jika gambar disusun vertikal memberi kesan dinding atau laling-laingit lebih tinggi.

Sumber : Tabloid Nova

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel