863 Jum'at, 07 Februari 2014 | 10:14:11

Bahan Bangunan Pengganti Kayu

bahan-bangunan-pengganti-kayu

Kelemahan-kelemahan yang ada pada material alam ini kini bisa disiasati dengan material-material ini tapi dengan tetap mempertahankan tampilannya. Tampilan kayu selalu menjadi sesuatu yang menarik untuk dihadirkan di rumah atau bangunan. Tampilannya yang berkesan alami menjadi daya tarik sendiri. Tidak hanya itu, ruangan atau bangunan Anda akan berkesan hangat dengan adanya material ini.

Akan tetapi, memilih kayu sebagai bahan bangunan bukanlah sesuatu yang mudah. Anda harus siap dihadapkan pada harga kayu yang cukup mahal jika menginginkan kualitas yang baik. Belum lagi perawatannya.

Namun, material-material ini bisa menjadi alternatif jika Anda ingin mendapatkan tampilan kayu.

Plafon PVC tampilan kayu
Selain tampilannya yang seperti kayu, material ini juga menawarkan kelebihan lain. Material ini memiliki kelebihan berupa bahannya yang kedap air dan bobot yang lebih ringan. Kekurangan material ini adalah teksturnya yang masih belum bisa menyerupai kayu.

Plafon PVC dipasang ke langit-langit dengan menggunakan besi hollow kotak. Papan PVC kemudian bisa dipasang di rangka dengan cara dipaku. Sedangkan untuk lis plafon, Anda dapat memasangnya dengan baut.

Untuk perawatan, tidak ada perawatan khusus yang harus Anda lakukan. Anda hanya perlu melakukan pembersihan berkala dari debu. Jika Anda ingin mengganti dengan yang baru, Anda hanya perlu membongkar sambungan dan ikatan saja,

Papan semen motif kayu
Papan semen bisa menjadi solusi terhadap masalah pelapukan dan rayap. Material ini dibandingkan dengan kayu asli memiliki ketahanan yang lebih baik. Tampilan papan semen ini nyaris sama dengan papan kayu. Warna papan semen ini sangat mirip dengan kayu asli. Bahkan jika Anda sentuh, papan ini memiliki tekstur yang menyerupai kayu.

Untuk memasangnya, Anda membutuhkan rangka baja. Jarak antar rangka baja adalah 60 cm. dan jika aplikasinya pada bidang yang memelengkung, jarak rangka adalah 40 cm. Rangka baja dan papan semen disambung dengan sekrup khusus.

Selain dibersihkan dari debu, perawatan khusus yang harus Anda lakukan adalah pengecatan. Pengecatan harus dilakukan secara berkala untuk tetap mempertahankan tampilannya.

HPL (High Pressure Laminate )
Lembar laminasi ini umumnya digunakan untuk melapisi permukaan mebel. Yang paling sering ditemui adalah pada kabinet dapur. Tidak hanya warnanya saja yang menyerupai kayu, teksturnya juga.

Pemasangan dilakukan dengan merekatkan HPL ke permukaan-permukaan yang ingin dilapisi dengan menggunakan lem. Pengolesan lem dilakukan di lembaran HPL dan di permukaan mebel. Pengolesan dilakukan sebanyak 2-3 kali dengan jeda.

Salah satu kelebihan HPL dibandingkan kayu adalah kekedapannya terhadap air. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa perekat akan terlepas jika terkena air. Jadi, untuk merawatnya, Anda harus memastikan permukaannya selalu kering.

Vinyl
Sistem anti kuman dan anti gores menjadi salah satu kelebihan pelapis lantai ini dibandingkan dengan kayu. Selain itu, teknologi vinyl yang ada sekarang mampu menghasilkan produk yang tahan benturan, lebih stabil, dan tak mudah retak. Bahkan vinyl juga memiliki kemampuan untuk meredam panas dan suara.

Tidak sulit untuk memasang vinyl di lantai Anda. Jika ruangan Anda berukuran kurang dari 30m2. Anda hanya perlu menggunakan double tape.

Akan tetapi, ada baiknya Anda menggunakan tenaga ahli jika ruangan Anda lebih luas. Penggunaan lem kuning dan sambungan lembaran vinyl membuat pengerjaannya lebih sulit.

Walau mempunyai lapisan anti gores, sesuaikan jenis material dengan intensitas lalu lintas orang. Untuk material yang cukup riskan tergores, tempatkan di area privat seperti kamar tidur.

Keramik
Teknologi cetak digital saat ini sudah memungkinkan diproduksinya keramik dengan tampilan yang sangat mirip dengan kayu. Bukan hanya secara visual, teksturnya juga sangat mirip. Selain itu, cetakannya yang minim lekukan membuat jarak nat lebih sempit. Hal ini membuat sambungan tersamarkan dan tampilan alami kayu jadi lebih terasa.

Cara yang paling mudah untuk memasang keramik adalah dengan menggunakan adonan semen instan. Dalam memasang, Anda harus memastikan bahwa tidak ada rongga saat pemasangan. Rongga ini dapat membuat keramik popping.

Tidak banyak perawatan yang harus Anda lakukan pada keramik. Anda hanya perlu menempatkan keramik tepat pada tempatnya. Misal, keramik  indoor tidak cocok di letakan di area teras atau area luar karena cenderung licin. Tingkat porositasnya juga cukup tinggi.

Kayu komposit
Batang kayu tiruan ini terbuat dari 65% tepung kayu, 25%plastik, dan 10% zat aditif. Tepung kayu dihasilkan dari proses penghancuran dan penghalusan kayu asli jenis meranti atau nangka. Serbuk kayu kemudian dicampur dengan plastik dan zat aditif lain dan dicetak menjadi lembaran dan batang WPC (Wood Plastic Composite).

Dengan campuran plastic dan zat aditif lainnya, kayu komposit tahan terhadap air dan rayap. Cocok digunakan dinding, lantai, plafon bahkan pagar luar rumah.

Pemasangan kayu komposit ini tidak berbeda dengan kayu biasa. Alat yang digunakan juga sama, palu, gergaji, dan sekrup.

Untuk jenis tertentu dibutuhkan dudukan berbahan plastik untuk sambungannya. Sedangkan untuk perawatan, cukup lakukan pembersihan dan pengecatan berkalan bila permukan mulai kusam.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel