119 Kamis, 06 Februari 2014 | 11:59:25

Tips Merancang Home Theatre

tips-merancang-home-theatre

Dalam merancang home theatre, Anda harus merencanakannya sejak awal. Hal tersebut dikarenakan rumitnya rancangannya. Anda harus mempertimbangkan berbagai hal seperti instalasi kabel, letak peralatan, bahkan kabel yang mungkin saja melintang di ruangan. Untuk merancang home theater ini, Anda memerlukan tenaga ahli. Itu karena komponen yang rumit, penginstalan perangkat ini tidak bisa berdiri sendiri. Peranti dan ruangan pada home theater , saling terkait.

Untuk merancang home theater yang baik, ada lima hal yang harus Anda perhatikan. Berikut ini adalah kelima hal tersebut.

Besar layar
Hal yang pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan besar layar atau televisi yang akan Anda gunakan. Besar layar akan menentukan jarak dan posisi  duduk yang nyaman.

Jika Anda menggunakan proyektor, ukuran layar ini tentu berpengaruh pada optimalisasi proyektor yang Anda gunakan.

Performa perangkat
Hal yang kedua adalah performa perangkat audio. Pilihan perangkat yang ada di pasaran sangat beragam, baik dari segi harga maupun kualitas.

Peranti yang Anda butuhkan antara lain player , receiver , amplifier , serta speaker . Penempatan serta pengaturannya bisa Anda konsultasikan ke penjual maupun ke ahlinya.

Bahan akustik
Bahan akustik dapat menunjang performa interior home theater . Untuk mendapatkan kualitas audio yang baik, Anda membutuhkan diffuser dan absorber .

Dengan adanya diffuser dan absorber ini, kualitas suara dapat lebih terjaga. Penempatan diffuser dan absorber ini bergantung pada posisi perangkat audio yang Anda gunakan.

Perabotan
Selain menentukan kenyamanan Anda saat menonton di home theater, pilihan furnitur juga dapat mempengaruhi kualitas suara.

Perabot-perabot yang berbahan lunak seperti sofa dan karpet juga memiliki sifat menyerap suara. Dan perabot yang berbahan keras memantulkan suara.

Tata cahaya
Jika Anda menggunakan proyektor, tentu Anda tidak bisa menonton dengan baik di ruang dengan cahaya yang terang. Tampilan layar dari proyektor tentu akan semakin buram jika cahayanya semakin terang. Akan tetapi, jika Anda menggunakan televisi, Anda bisa lebih bebas mengatur cahaya ruangan.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel