94 Kamis, 06 Februari 2014 | 11:08:01

Bekerja tanpa Berisik

bekerja-tanpa-berisik

Merancang area kerja tak hanya seputar soal pemilihan furnitur yang ergonomis dan penataan yang tepat. Kursi dan meja kerja yang nyaman serta area kerja yang tertata akan terasa kurang bila suasana ruang Anda kurang kondusif. Mungkin penyebabnya adalah suara-suara “berisik” yang secara tak sadar cukup menggangu konsentrasi Anda. Terkadang, masih ada suara mengganggu yang juga datang dari area kerja Anda sendiri. Berikut ini ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan dalam menciptakan suasana kondusif untuk bekerja:

1. Furnitur
Pilihlah furnitur dan peralatan kerja yang berbahan non logam ataupun besi. Benda logam dan besi akan menghasilkan bunyi-bunyi dentingan ketika digunakan ataupun ketika secara tak sengaja berbenturan dengan benda lainnya. Utamakan furnitur berbahan kain, karena kain dapat meredam suara.

2. Barang elektronik
Kurangi peralatan elektronik yang tidak dibutuhkan di area kerja Anda. TV ataupun radio, justru akan mengalihkan perhatian Anda ketika bekerja. Jadi, sebaiknya Anda kurangi barang-barang elektronik yang tidak diperlukan.

3. Ruangan Belakang
Ketika memilih ruang mana yang akan Anda ubah menjadi ruang kerja, sebaiknya pilih ruangan yang terletak di bagian belakang rumah. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari hiruk-pikuk keberisikan dari jalanan di depan rumah Anda.

4. Jendela
Bila Anda membutuhkan ketenangan yang maksimal, ada baiknya menggunakan tempered glass berketebalan ≥10mm pada jendela Anda. Jangan lupa untuk memasang gorden yang dapat meminimalis rambatan suara dari kaca.

5. Akuarium
Meletakkan akuarium kecil di area kerja Anda akan menambahkan estetika tampilannya. Tak hanya itu, suara gemericik air juga dapat mengalihkan perhatian kita dari suara berisik lainnya. Bahkan, memandangi ikan yang berenang perlahan dapat membantu menenangkan pikiran kita ketika bekerja.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel