164 Kamis, 06 Februari 2014 | 10:29:19

10 Cara Meraih 'Surga' di Rumah Anda!

10-cara-meraih-surga-di-rumah-anda

Setelah mengurai kemacetan, bosan dengan kebisingan, dan lelah bekerja seharian di tengah kota, rasanya tidak ada hal lain lebih menyenangkan selain berada di rumah. Membuka jendela, duduk di teras, atau santai di ruang tamu yang nyaman di rumah seperti obat mujarab dari rutinitas yang melelahkan hidup di kota. Bukalah jendela, dan bernapaslah dengan lega bahwa Anda sudah berada di rumah sekarang!

Hidup di perkotaan yang dinamis memang menarik dan memperkaya diri dengan beragam wawasan, tetapi hal itu juga menguras fisik dan psikis Anda. Khususnya, jika sepulang ke rumah, Anda menjumpai ruangan-ruangan penuh sesak dengan banyak barang, tetangga yang berisik, atau klakson mobil dan knalpot motor setiap saat.

Membayangkan semua itu, kenyamanan hidup di rumah memang seolah "surga". Sekali saja Anda mendengar dari jendela kamar, betapa berisiknya tetangga yang tengah menyetel musik keras-keras, rasanya dunia mau pecah!

Sulitkah menemukan "surga" itu di tengah kota? Di rumah Anda sendiri, tentu saja? Nah, berikut 10 ide yang mungkin bisa membantu Anda memperoleh kembali "surga" itu di rumah Anda, di setiap sudut ruang milik Anda dan keluarga.

1. Palet warna yang tenang
Banyaknya stimulasi visual di jalan-jalan kota bisa menjadi pemicu Anda untuk selekasnya pulang ke tempat yang tenang dan tenteram, dan itu tentu saja rumah Anda. Warna di dinding rumah Anda bisa menciptakan ketenangan. Maka, pikirkan nuansa abu-abu keperakan, biru, nuansa kayu alami, dan bersihnya nuansa putih. Warna sage lembut hijau atau pink yang hangat juga bisa menenangkan pikiran Anda.

2. Penutup jendela
Untuk wilayah dapur dan ruang-ruang lain, tempat urusan privasi tidak banyak mendapatkan perhatian, Anda perlu mempertimbangkan penggunaan tirai kafe. Anda harus menutupi bagian bawah jendela ruangan-ruangan ini agar memberikan rasa privasi tinggi, rasa yang paling Anda inginkan. Namun, jangan lupa, itu bukan berarti Anda menutupnya rapat-rapat dari cahaya sinar matahari pada siang hari.

Tirai jendela di kamar tidur sangat penting Anda perhatikan, terutama jika Anda mengalami kesulitan tidur hanya gara-gara cahaya lampu jalan atau lampu di tiang listrik yang masuk ke kamar Anda sepanjang malam. Jika posisi rumah tetangga sangat berdekatan, maka Anda juga mungkin ingin untuk menutup jendela besar dengan tirai berpenutup rapat yang dapat ditarik pada siang hari.

3. Kedap suara
Berinvestasi lewat usaha yang keras tentu sangat bernilai bagi kenyamanan Anda di rumah, terutama jika Anda tinggal di lingkungan yang padat dan sangat bising. Effort untuk meraih kenyamanan ini mungkin lebih besar, seperti misalnya Anda menambahkan ubin akustik tertutup kain ke dinding atau langit-langit dan memilih jendela ganda untuk memblokir kebisingan masuk ke kamar atau ruang tamu Anda. Lapisan tekstil yang tebal, karpet berbulu di lantai, dan tirai yang berat sebetulnya juga membantu Anda "mengganjal" kebisingan untuk masuk ke dalam rumah.

Sebagai alternatif ubin atau dinding akustik, Anda bisa menggunakan buku-buku koleksi sebagai bahan kedap suara. Semakin banyak buku, hasilnya akan semakin baik. Jadi, lanjutkan dan isi seluruh dinding kamar Anda dengan buku.

4. Makhluk hidup
Bawa juga tanaman pot atau tanaman air, pohon-pohon dalam pot besar, serta bunga potong ke dalam rumah Anda. Tantang diri Anda, dan lihat apakah Anda dapat menambahkan tanaman atau karangan bunga untuk setiap kamar di rumah Anda.

Selain memberi kenyamanan, tanaman juga ikut menyerap bising dari luar. Terlebih lagi, tanaman rumah yang dijual di pasaran saat ini semakin variatif.

Selain itu, jika Anda memiliki hewan peliharaan, perlakukan ia dengan baik dan jadikan sahabat untuk membuat diri Anda merasa lebih santai di rumah. Berlari-lari bersama kucing Anda, bermain dengan anjing Anda, atau bahkan menonton ikan berenang di kolam dan akuarium bisa menjadi cara terindah untuk melepas stres.

5. Tekstur alami
Kehidupan sehari-hari di kota cenderung melibatkan banyak bahan buatan, plastik dan logam. Maka dari itu, menggabungkan berbagai tekstur dan bahan alami ke dalam rumah akan membantu Anda terlepas dari rasa bosan. Anda bisa mencoba wol, sisal atau karpet kapas, tumpukan kayu, meja kayu yang dipoles, lilin, atau koleksi kerang dan batu sebagai variasi dari kebosanan Anda terhadap material sehari-hari di luar rumah.

6. Perabotan
Bentuk perabot yang panjang dan rendah mengundang rasa nyaman untuk bersantai dan rileks. Anda bisa memilih sofa rendah, kursi panjang, credenza, dan sofa kayu atau bambu. Semua perabot ini akan memberikan ketenangan, bukan hanya dari warna putih sofa saja, melainkan juga warna kayu palet sederhana di meja Anda, vas besar dengan pohon bercabang, serta aneka warna bantal yang empuk di kepala Anda.

7. Kursi
Adakah hal lain yang lebih nikmatselain duduk manis di bibir jendela kamar atau balkon dengan segelas teh hangat sambil menyelipkan pandangan menatap gemerlap kota pada malam hari sebelum tidur?

Maka dari itu, hadirkan kursi yang pas di jendela kecil, di sudut mana pun di rumah Anda. Cobalah duduk dengan bantal gemuk atau menempatkan meja kopi mungil, tepat di depan jendela yang mengarah ke jalan, kolam ikan, atau pepohonan di teras rumah Anda.

8. Barang retro
Istirahatkan sejenak kehidupan Anda dari teknologi teranyar hari ini. Anda bisa merangkul teknologi retro dan membawanya ke ruang tamu Anda, seperti telepon putar zaman baheula, piringan hitam, atau jam dinding dari era ketika kakek-nenek Anda masih remaja. Hidup dengan teknologi tinggi sepanjang waktu tentu melelahkan, dan jalan keluar itu bisa Anda dapatkan dari barang-barang berteknologi sederhana alias perabot lawas itu.

9. Taman
Apakah Anda memiliki kebun belakang, teras kecil, atau balkon? Di sinilah Anda bisa melakukan apa saja yang membuat Anda bisa meningkatkan privasi di luar ruangan rumah Anda, tetapi tak terganggu dunia luar. Membangun sebuah area tempat duduk tertutup dengan teralis atau pagar, atau mengelilingi tempat duduk Anda dengan dedaunan yang tinggi, hal itu sudah cukup, tak perlu area yang luas dan mewah. Setelahnya, tempatkan air mancur kecil di luar ruangan untuk membantu menghalangi suara bising dari tetangga atau jalan raya, dan tambahkan pencahayaan yang tepat untuk suasana pada malam hari.

10. Hidup bebas
Tak peduli ukuran ruangan Anda, jika Anda tinggal di sebuah kota, maka menjaga interior rumah bebas dari keriuhan adalah sesuatu yang penting. Dunia di luar pagar rumah Anda segalanya berlangsung cepat, keras, dan penuh sesak dengan stimulasi visual. Maka dari itu, bayangkan rumah Anda sebagai oasis yang merangkul perasaan Anda, yang memberikan ketenangan, ketenangan, dan ketenangan.

Selamat menikmati "surga" Anda!

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel