83 Rabu, 05 Februari 2014 | 09:42:59

White Roof Lebih Ramah Lingkungan dari Green Roof

white-roof-lebih-ramah-lingkungan-dari-green-roof

Selama ini para ahli mengklaim atap hijau atap green roof lebih hemat listrik sehingga lebih ramah lingkungan dari atap biasa. Namun baru-baru ini sebuah studi membandingkan tiga atap yaitu hitam, putih dan hijau dari segi ekonomi dan manfaat. Hasil studi menyimpulkan bahwa atap putih jauh lebih hemat dari segi ekonomi dan ramah lingkungan. Atap putih ditemukan oleh Steven Chu dan hasil risetnya dipublikasikan oleh Journal Energi dan Bangunan, Lawrence Berkeley National Laborartory di Amerika,

Menurut para ahli, atap yang dicat hitam akan cepat menyerap panas dan menyebabkan panasnya suhu perkotaan. Sedangkan atap putih dapat memantulkan kembali sinar matahari ke atmostfer sehingga dapat mendinginkan ruangan. Studi ini mengajak masyarakat agar peduli dengan iklim global untuk beralih ke penggunaan atap putih ini. Di Amerika Serikat sendiri, gerakan memakai atap putih ini sudah dilakukan sejak sepuluh tahun yang lalu.

"Atap putih ini merupakan salah satu cara praktis untuk menghemat dari segi ekonomi sekaligus menjaga lingkungan. Dengan menggunakan atap putih ini Anda tidak perlu lagi menggunakan AC, sehingga otomatis ikut mengurangi emisi karbon global dan memperlambat penemuan iklim," jelasnya.

Manfaat atap putih ini memang tak main-main. Bahkan sebuah studi dari Heat Island Group Lawrence Berkeley Laboratory mengungkapkan jika satu juta populasi menggunakan atap putih ini dapat mengurangi emisi karbon dioksida sebesar 1,2 gigaton per tahunnya. (wdi)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel