166 Kamis, 30 Januari 2014 | 11:59:31

Tips Mengecat Rumah di Negeri Dua Musim

tips-mengecat-rumah-di-negeri-dua-musim

Memberikan warna baik pada eksterior maupun interior rumah memang menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Agar kegiatan menyenangkan itu tetap efektif dan efisien, ada baiknya Anda menengok beberapa tips berikut tentang kita mengecat di negeri dua musim. Indonesia termasuk dalam katagori negara yang memiliki dua musim pada umumnya, yaitu kemarau dan penghujan. Mengecat rumah di musim kemarau lebih dianjurkan ketimbang mengecat di musim penghujan. Pasalnya, pada musim hujan, cat rumah akan lebih mudah mengelupas dan rontok. Pada musim kemarau pun harus dipilih hari dimana sinar matahari tidak terlalu menyengat.

“Mengecat saat musim kemarau akan lebih baik karena cat lebih cepat kering. Meski demikian, paparan sinar matahari berlebih di musim kemarau terkadang berdampak negatif pada cat eksterior berkualitas rendah. Maka pilihlah cat atau pelapis tembok berkualitas tinggi,” terang Jun de Dios, Presiden Direktur PT ICI Paints Indonesia.

Dia menambahkan, kalau pun terpaksa mengecat rumah di musim penghujan, pemilihan waktu harus dilakukan. Maksudnya, mengecatlah di pagi atau siang hari untuk menghindari tingginya tingkat kelembapan di sore dan malam hari.

Selanjutnya, pemberian pelapis untuk melindungi cat eksterior rumah di musim penghujan menurut Jun dilakukan minimal satu minggu menjelang musim hujan. Dengan demikian, pelapis anti bocor atau anti lembab akan dapat menempel sempurna sebelum terpapar hujan atau bahkan banjir di musim penghujan.

Untuk pemilihan warna, Jun tidak mengkhususkan satu warna tertentu yang cocok di negara dua musim.

“Yang penting adalah sesuai dengan kepribadian pemilik rumah dan kepribadian rumah itu sendiri,” ujarnya.

Im Suryani
Sumber : Rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel