61 Selasa, 28 Januari 2014 | 11:50:42

Seperti Air, Ruangan Bisa Cantik dan Mengalir....

seperti-air-ruangan-bisa-cantik-dan-mengalir

Pernahkah Anda masuk ke dalam satu ruangan dan meski barang-barang di dalamnya tidak seragam, namun semua barang tersebut seolah saling melengkapi dan tampil serasi? Pemilik atau dekorator ruangan tersebut telah berhasil membuatnya "mengalir' karena transisi antar satu area ke area lain tidak janggal dan kikuk. Sebenarnya, tidak sulit mewujudkan hal ini. Bahkan, tanpa perlu membeli barang baru, Anda pun bisa membuatnya di rumah Anda sendiri.

Pertama, mulailah dari area pintu masuk di rumah Anda. Tanpa sadar, sebenarnya rumah-rumah di Indonesia pun memiliki entryway atau area pintu masuk. Di tempat ini, Anda bisa menaruh meja konsol, bufet, atau kursi untuk membantu Anda memakai sepatu.

Area pintu masuk yang rapih mampu memberikan kesan istimewa, baik bagi Anda setelah lelah bekerja seharian penuh, atau tamu. Jadi, membuat ruang yang mengalir bisa dimulai dengan "penyambutan" istimewa.

Kedua, gunakanlah cermin. Meng-update atau memperbarui cermin lama bisa dilakukan dengan memberikan pigura kayu, membuatnya tampak rustic, atau sekedar mengalungkan lampu Natal di sekelilingnya. Menambahkan cermin di ruangan berukuran mungil atau gelap merupakan langkah yang tepat. Refleksi cermin memberikan ilusi kedalaman yang membuat ruangan terasa lebih besar.

Ketiga, gunakan karpet atau area rug untuk mempigura area tertentu di dalam rumah Anda. Karpet mampu menjadi "jangkar" dan menyatukan furnitur-furnitur yang ada di atas dan sekelilingnya.

Karpet pun sebetulnya mampu mempengaruhi nuansa warna di dalam ruangan tersebut. Jika Anda ingin membuat berbagai furnitur di dalam ruangan tersebut tampak menyatu, karpet mampu menjadi solusi ekspress dan efektif.

Keempat, sediakan titik fokal (focal point). Titik fokal di dalam ruangan bisa berupa televisi. Dengan cara yang berbeda dari karpet, televisi juga mampu menjadi "jangkar" di dalam ruangan. Kehadiran televisi mampu membantu Anda menentukan orientasi furnitur di ruangan tersebut. Perhatian pun dengan mudah dapat segera tertuju pada televisi.

Kelima, cobalah mencocokkan warna dinding dengan perabotan Anda. Adanya konsistensi nuansa yang dibuat dengan konsistensi warna tentu membuat ruangan tersebut terasa menyatu.

Selain itu, ketika furnitur memiliki warna senada dengan dinding, furnitur tersebut secara visual mampu "menghilang" ke dinding dan menciptakan ilusi bahwa ruangan tempatnya berada terbuka dan memiliki banyak ruang. Hal ini bekerja dengan baik pada warna-warna netral, seperti putih atau abu-abu.

Editor   : Latief
Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel