412 Kamis, 23 Januari 2014 | 02:53:55

Ayo Pasang Secondary Skin!

ayo-pasang-secondary-skin

Seperti namanya, secondary skin  merupakan selubung tambahan untuk bangunan. Fungsinya untuk melindungi bangunan dari panas matahari dan juga mempercantik bangunan. Anda dapat memasang secondary skin untuk menutupi bukaan-bukaan yang mendapat terpaan sinar matahari berlebih. Secondary skin  akan sangat bermanfaat jika dipasang untuk melapisi fasad kaca Anda. Akan tetapi, sebelum memasang secondary skin , ada baiknya Anda membaca 10 tips berikut ini!

1. Konsultasi Pakar
Sebelum merencanakan untuk memasang fasad ganda, mintalah saran kepada pakar misalnya arsitek atau kontraktor. Konsultasikan konsep desain, material, konstruksi, hingga solusi atas masalah yang bisa terjadi ketika proses pemasangan. Dengan begitu, Anda bisa mengantisipasi hambatan yang sering terjadi pada proyek pemasangan fasad ganda.

2. Cek Struktur Rumah
Untuk menciptakan secondary skin struktur rumah harus benar-benar kokoh. Karena kulit luar ini akan bertumpu pada konstruksi utama bangunannya. Oleh karena itu, cek kondisi struktur lama rumah mulai dari fondasi, kolom, hingga balok.

3. Kenali Arah Hadap Rumah
Jika rumah Anda menghadap ke arah matahari terbit atau tenggelam (Timur dan Barat), maka pemasangan secondary skin dapat menjadi dominan.

Fungsi utama fasad ganda untuk mereduksi sinar matahari pun terpenuhi. Berbeda halnya jika rumah Anda menghadap ke Selatan atau Utara. Secondary skin dapat dipasang tidak penuh atau hanya sebagai aksen.

4. Penempatan dan Tata Letak
Untuk memaksimalkan fungsinya, “kulit luar” harus diletakkan di bidang yang tepat dan sesuai dengan fungsinya. Jika Anda bermaksud meredam sinar matahari, mintalah kontraktor Anda untuk memasang di area bukaan seperti jendela, lubang angin,dan lainnya.

Namun, bila Anda sekadar ingin mempercantik rumah, secondary skin bisa diletakkan di mana saja, sesuai dengan konsep dan skala bidang.

5. Perhatikan Bidang Fasad
Hitung luas bidang secondary skin dengan cermat. Selain itu, Anda harus menaruh tiang, kolom, juga pembalokan tiang panjang untuk menopang kulit luar nantinya. Jika Anda menggunakan material pabrikasi, misalnya GRC, pastikan luas bidang sesuai dengan ukuran panel yang Anda gunakan.

6. Pemilihan Material
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memilih material. Hal tersebut terkait dengan penggunaannya.

Setelah menentukan fungsi dan penempatan, Anda bisa menilai cocok atau tidaknya material tersebut dari: bentuk, mudah untuk diaplikasikan, memiliki bobot yang relatif ringan, tahan cuaca, mudah dirawat, dan harga yang sesuai dengan budget.

7. Alternatif Material bekas
Jika harga material yang terlampau mahal, Anda bisa mengakalinya dengan penggunaan material bekas. Namun, perlu dicatat penggunaan material bekas haruslah bahan yang masih layak dan siap pakai.

8. Cek Dana Pembangunan
Biaya pemasangan secondary skin dipengaruhi oleh beberapa hal. Luas bidang, kerumitan desain, struktur yang digunakan, karakteristik material, juga finishing merupakan poin yang harus diperhatikan. Yang pasti, konsep desain yang Anda rencanakan harus sesuai dengan kondisi keuangan.

9. Minta Bantuan Tukang Berpengalaman
Salah satu fungsi secondary skin adalah mempercantik fasad rumah. Kerapihan pengerjaan fasad kedua adalah mutlak. Selain rapi, pengerjaannya pun dituntut tanpa cela. Ketidakcermatan penyekrupan atau pemasangan hollow , berisiko membahayakan keselamatan penghuni.

Oleh karena itu, jangan gunakan jasa tukang yang tak diketahui reputasinya. Pastikan kontraktor atau tukang yang Anda pilih terbiasa mengerjakan proyek secondary skin.

10. Manajemen proyek
Penjadwalan atau manajemen proyek membuat pengerjaan secondary skin menjadi lebih optimal. Selain lebih jelas, fokus pengerjaan menjadi terorganisir. Anda bisa membuat daftar cek untuk menandakan pengiriman material, persiapan konstruksi, pelaksanaan, hingga finishing. Perhitungkan juga kondisi cuaca, karena pemasangan fasad ganda dilakukan di ruang terbuka.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel