60 Kamis, 23 Januari 2014 | 02:15:03

Mengenal Indirect Lighting

mengenal-indirect-lighting

Indirect lighting atau biasa disebut dengan cahaya tersembunyi sebenarnya  banyak dipakai di rumah. Namun, masih banyak yang belum memahami makna dari salah satu teknik pencahayaan ini. Menurut ilmu arsitektur, indirect lighting dapat diartikan teknik pencahayaan yang menyembunyikan sumber cahaya (lampu), sehingga yang terlihat oleh mata hanya pendaran cahayanya.

Dengan kata lain, dalam teknik pencahayaan indirect lighting ini, sumber cahaya diletakkan di balik benda atau panel. Karena berada di balik panel inilah, tidak semua cahaya sampai ke mata. Hanya sebagian besar cahaya yang muncul dari balik panel yang diterima oleh mata. Selain itu, ada pula yang cahayanya dipantulkan lagi ke langit-langit ataupun dinding di depannya.

Dapat Digunakan di Mana Saja
Keberadaan ruangan dapat dipercantik dengan teknik indirect lighting. Di ruang keluarga, Anda dapat menggunakan indirect lighting untuk mempertegas keberadaan panel TV, atau bisa juga untuk memperindah ambalan. Di ruang tidur, teknik ini dapat dipakai di kepala tempat tidur (headboard) dan digunakan sebagai pengganti lampu tidur.

Di luar rumah, teknik ini dapat digunakan untuk memperindah panel batu alam di dinding depan rumah, atau untuk menghias plafon di teras rumah.

Banyak Keuntungan
Menerapkan indirect lighting mendapatkan beberapa keuntungan. Dari segi tampilan, penggunaan indirect lighting dapat mempercantik tatanan interior. Pendaran cahaya yang dikeluarkan membuat suasana menjadi lebih dramatis.

Selain itu, dengan teknik indirect lighting, cahaya tidak langsung tertuju pada mata. Intensitas cahaya yang lebih rendah tidak membuat mata silau, dan ruangan pun masih bisa terang secara optimal.

Mau mencoba?

Sumber : Tabloid Rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel