50 Rabu, 22 Januari 2014 | 11:13:44

Survei Membuktikan, Warna Berpengaruh pada Durasi Tidur!

survei-membuktikan-warna-berpengaruh-pada-durasi-tidur

Warna kamar tidur ternyata salah satu unsur penting dalam mendesain kamar. Tidak hanya untuk kepentingan estetika, salah menentukan warna kamar juga bisa memengaruhi kualitas tidur. Seperti dikutip Forbes, ruangan yang tidak cukup gelap pun mampu "menipu" otak Anda dan membuat tubuh mengurangi produksi melatonin. Sementara itu, menurut hasil survei dan studi yang dipublikasikan oleh Travelodge, rahasia tidur yang nyaman adalah tidur dalam kamar bercat biru.

"Orang Inggris yang tidur di dalam kamar berdekor biru secara teratur mendapatkan kualitas tidur terbaik pada malam hari," ujar hasil studi rilisan yang dipublikasikan Travelodge.

Ahli serba-serbi masalah tidur dari Edinburg Sleep Centre, Chris Idzikowski, memberikan komentarnya mengenai hasil studi tersebut.

"Ini adalah hasil yang luar biasa. Jadi, ada penerima khusus bernama sel ganglion di bagian mata retina yang sangat sensitif pada warna biru. Reseptor ini memberikan informasi pada area di dalam otak kita yang mengontrol ritme 24 jam dan memengaruhi cara kita berlaku dan merasa sepanjang hari. Interaksi antara cahaya, tidur, dan kondisi bangun sangat penting," kata Chris.

Sementara itu, konsultan Colour Therapy & Holistic Interior Design Suzy Chiazzari mengatakan bahwa dekorasi kamar dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas tidur setiap malam.

"Jadi, tidak sia-sia mempertimbangkan untuk memperhatikan warna dalam dekorasi kamar Anda," ucap Chiazzari.

Chiazzari juga mengungkapkan bahwa keluarnya warna biru sebagai warna yang mampu menunjang kenyamanan tidur Anda tidak mengejutkan. Biru sangat nyaman bagi mata. Secara psikologis pun biru dapat dikaitkan dengan kenyamanan.

Sementara itu, survei Travelodge dengan 2.000 responden menunjukkan bahwa rata-rata orang yang tidur dalam kamar berwarna biru mampu tidur selama 7 jam 52 menit. Adapun tidur dengan warna kuning mencapai 7 jam 40 menit, sementara hijau mencapai 7 jam 36 menit, warna perak 7 jam 33 menit, oranye 7 jam 28 menit, merah 6 jam 58 menit, warna emas 6 jam 43 menit, abu-abu mencapai 6 jam 12 menit, coklat 6 jam 5 menit, sedangkan menggunakan warna ungu mencapai 5 jam 56 menit.

Nah, warna apakah yang digunakan di ruang tidur Anda?

Editor    : Latief
Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel