89 Senin, 20 Januari 2014 | 02:36:02

5 Langkah Cermat Memilih Panel Pabrikan

5-langkah-cermat-memilih-panel-pabrikan

Panel pabrikasi merupakan salah satu material yang banyak ditemukan di pasaran. Panel pabrikasi ini berupa bata ringan aerasi, papan semen, baja, dan aluminium komposit. Selain pemasangan yang lebih cepat, material tersebut lebih tahan lama dan mudah dipasang. Meski kini tersedia banyak pilihan, tak berarti semua harus digunakan. Pilih panel pabrikasi yang benar-benar sesuai dengan desain fasad yang Anda inginkan. Jangan lupakan juga spesifikasi material. Agar tak salah, simak dulu apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum merenovasi fasad dengan panel pabrikasi.

Menempatkan Panel
Tentukan letak panel pabrikasi yang akan dipasang. Jika panel akan dipasang pada dinding terluar dari dinding bangunan (cladding) , pilih yang berbobot ringan.

Panel akan disangga dengan rangka. Berbeda jika panel akan ditempatkan pada dinding bangunan. Panel biasanya sudah menjadi bagian dari konstruksi bangunan

Karakteristik Fisik
Kenali karakteristik fisik panel pabrikasi yang Anda gunakan. Mulai dari bentuk, warna, elastisitas, hingga bobot material.

Catat juga ukuran material per buah: panjang, lebar hingga tebalnya. Ini sangat membantu untuk membuat perencaan desain dan mengetahui kebutuhan panel.

Perhatikan juga kesesuaian karakteristik material dengan desain yang Anda inginkan. Misal ingin membuat bentuk lengkung, akan lebih mudah menggunakan plat baja dan aluminium komposit dibanding baja hollow .

Kemudahan Aplikasi
Terkait dengan bentuk yang akan Anda buat pilih panel pabrikasi yang mudah dipasang. Perhatikan juga kemampuan tukang dan peralatan yang Anda miliki.

Pilih panel pabrikasi yang dapat dikerjakan oleh tukang tanpa membutuhkan banyak bantuan alat khusus.

Ketahanan Terhadap Cuaca
Fasad bangunan yang terletak di luar seringkali terpapar hujan dan sinar matahari. Karena itu pilih panel pabrikasi yang tahan terhadap perubahan cuaca.

Untuk material tertentu seperti bata ringan aerasi membutuhkan coating terlebih dahulu agar tak berlumut. Coating ini hendaknya dilakukan berkala setahun sekali agar tampilan fasad tetap apik.

Cek Harga
Meski tidak banyak, penggunaan panel pabrikasi lebih menghemat biaya dibanding menggunakan material alami.

Penghematan bisa dilakukan lagi dengan penggabungan material berbeda yang lebih murah. Tak perlu semua fasad bangunan menggunakan panel pabrikasi agar tampil beda. Cukup satu bidang fasad untuk menarik perhatian.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel