92 Jum'at, 10 Januari 2014 | 10:36:42

Lebih Baik Mana, Kloset Jongkok Atau Duduk?

lebih-baik-mana-kloset-jongkok-atau-duduk

Kita semua tahu, kloset merupakan fitur utama yang kegunaannya sangat vital bagi anggota keluarga dan masyarakat luas. Tanpa adanya kloset tidak bisa dibayangkan bagaimana jadinya kehidupan kita. Misalnya dengan tidak adanya kloset yang layak, banyak masyarakat di desa kumuh yang terpaksa membuang hajat sembarangan di sungai yang kemudian menimbulkan banyak masalah kesehatan yang serius mulai dari berbagai penyakit menular seperti cacingan dan disentri karena meminum air yang tercemar bakteri maupun penyakit kulit akibat memakai air sungai yang kotor.

Selain itu dengan tercemarnya air sungai timbullah masalah lingkungan seperti bau tak sedap yang menguar dari sungai, ikan dan biota sungai banyak yang mati dan lain sebagainya yang kemudian merugikan manusia. Oleh karena itu fungsi kloset sangat penting bagi kehidupan kita sebagai salah satu alat yang menunjang terciptanya gaya hidup higienis dan sehat.

Pada dasarnya dari zaman ke zaman hingga sekarang di era modern dikenal dua macam kloset, yakni kloset duduk dan kloset jongkok. Kloset jongkok merupakan kloset model lama yang sudah digunakan sejak puluhan tahun lalu sedangkan kloset duduk merupakan kloset modern yang cukup baru diperkenalkan oleh negara barat.

Dari segi kenyamanan toilet atau kloset duduk sebenarnya lebih nyaman dan lebih santai, karena kita bisa melakukan “kesibukan” kita sambil membaca koran atau bermain gadget. Selain itu bagi ibu hamil yang kesulitan untuk jongkok saat buang air, menggunakan toilet duduk juga akan sangat membantu karena ibu hamil tidak perlu kesulitan dalam menjaga keseimbangan sehingga mengurangi kemungkinan terjatuh atau kecelakaan di kamar mandi. Keuntungan lain dari kloset duduk juga karena kloset ini identik dengan gaya hidup modern, sehingga mempunyai toilet duduk di rumah setidaknya dapat menunjukkan gengsi atau status pemilik rumah. Apalagi sekarang ini sudah terdapat kloset duduk yang memiliki fasilitas canggih seperti jet washer atau eco washer sebagai permbersih otomatis.

Namun ternyata semua kenyamanan yang diberikan kloset duduk tidak semuanya menguntungkan bagi kita lho! Menurut pakar kesehatan, menggunakan toilet jongkok secara teratur memiliki lebih banyak keuntungan dalam memelihara kesehatan pencernaan dan genital. Hal ini dikarenakan ketika kita jongkok, buang air besar akan lebih mudah dilakukan tanpa harus mengejan lama dengan adanya tekanan dari paha kita, sehingga resiko ambeien dan hernia bisa terhindarkan.

Selain itu kloset duduk yang tak higienis juga sering kali menyebabkan bakteri masuk ke area genital, dan ini tentunya berbahaya bagi kesehatan rahim perempuan. Seringnya perempuan menderita keputihan dan rasa sakit yang sering disebut “anyang-anyangan” boleh jadi dikarenakan bakteri dari kloset duduk yang kotor telah masuk dan menginfeksi rahim dan saluran kemih. Selain itu bakteri lain seperti bakteri Human Papilloma yang sering menyebabkan kanker rahim juga rawan ditularkan melalui penggunaan toilet duduk. Berbahaya sekali kan?

Semua jenis toilet memiliki kelemahan dan kelebihan, alangkah baiknya jika sebelum menggunakan toilet duduk pinggirannya dikeringkan terlebih dulu atau dilapisi saja dengan tisu. Pembersihan ini sebaiknya dilakukan terutama untuk ibu hamil yang mungkin tidak bisa menghindari penggunaan toilet duduk.

Sumber : Rumahku

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel