311 Rabu, 08 Januari 2014 | 03:29:25

Kanopi : Bukan Sekadar Pelindung Saja

kanopi-bukan-sekadar-pelindung-saja

Hampir setiap rumah tinggal menggunakan jendela. Selain sebagai sirkulasi udara, jendela juga berfungsi untuk keluar masuknya sinar matahari, sehingga ruangan menjadi terang tanpa menggunakan lampu. Masalahnya, ketika sinar matahari masuk secara berlebihan, ruang pun menjadi silau dan panas. Guna menyiasati hal ini, sebagian orang memilih menggunakan kanopi.
 
Kanopi bukan cuma mampu menahan sengatan sinar matahari dan siraman hujan, namun bisa juga berfungsi sebagai elemen desain; apakah itu desain untuk jendela, pintu, atau teras rumah.
 
Kanopi merupakan salah satu elemen desain rumah yang khusus digunakan untuk jendela, pintu, dan teras rumah. Namun, kenyataannya kanopi banyak dipasang di jendela maupun teras rumah, sekaligus sebagai aksesori eksterior rumah.

Dengan menggunakan kanopi, rumah terlihat jadi lebih indah, mempunyai suasana yang khas, dan elegan. Keunikan kanopi, terletak pada warna yang dapat disesuaikan dengan selera pemiliknya. Di samping itu, bisa juga digulung buka saat hujan datang. Atau, digulung tutup jika ingin teras rumah terang.

Dipasaran penutup kanopi terbuat dari beragam bahan. Ada yang terbuat dari kanvas (semacam kain), terpaulin (sejenis plastik), dan CV (sejenis terpaulin yang dibalut kanvas). Bahan-bahan penutup ini masih diimpor dari Spanyol dan Taiwan. Untuk konstruksi rangkanya terbuat dari aluminium dan galvanis steel.

Sementara untuk modelnya kanopi memiliki bentuk dan desain yang bermacam-macam. Seperti model Brazil 30, jika dilihat dari samping seperti seperempat lingkaran. Model ini juga bisa dilipat dengan cara ditarik menggunakan tali. Selain itu, ada juga kanopi model belah semangka. Kanopi model ini sering disebut sebagai kanopi siprus.

Di samping itu, ada pula tipe kanopi yang biasa dipasang di teras depan atau belakang rumah, di garasi awning gulung (retractable awning), yang dapat digulung secara manual maupun dengan menggunakan motor.

Untuk yang memakai motor, ada dua macam produk, yaitu menggunakan remote control dan saklar. Dengan menggunakan awning gulung ini akan memudah kita menutup teras. Bila datang hujan tinggal tekan saklar atau remote control, otomatis kanopi akan menutup teras.


Haryanto
Sumber : Rumah123

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel