80 Minggu, 29 Desember 2013 | 11:17:56

Mengenal Macam-Macam Tirai

mengenal-macam-macam-tirai

Selain menyaring sinar matahari dan debu, tirai merupakan elemen dekoratif yang mendukung kecantikan desain ruangan. Sentuhan akhir, seperti tassel, penting diperhatikan. Pilihlah desain tirai sesuai kebutuhan. Menurut sifatnya, ada 2 jenis tirai, yakni tirai dekoratif dan tirai full-operate. Tirai dekoratif tidak harus dibuka dan ditutup, misalnya sheer. Sedangkan tirai full-operate bisa dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan, misalnya tirai dan kerai.

Berikut beberapa macam tirai yang perlu Anda tahu.

Kerai
Kerai adalah tirai yang terbuat dari non kain. Jenis ini memberikan privasi pada ruangan.Bentuk ini sangat efisien dan memberi karakter kuat pada ruangan. Alternatif bahannya adalah dari kayu, aluminium, atau kertas.

Tirai Geser
Tirai geser lebih populer dengan nama gorden. Tirai biasanya dibuka dengan cara digeser ke arah samping. Bahan untuk tirai bisa bervariasi, seperti linen yang tebal dan terkesan berat, sutra yang lembut, beludru yang elegan, damask yang polos, tenun eksotis, atau bahan bertekstur. Warna dan motif penting diperhatikan. Sesuaikan dengan dekorasi keseluruhan.

Tirai Lipat
Tirai jendela terbuat dari kain yang bisa dibuka dan ditutup dengan cara dinaikkan (roman blind) atau digulung (rolling blind) ke atas, atau dilipat kesamping (vertical blind).
Bahannya bervariasi, mulai dari linen, kulit, kanvas, katun, sampai denim. Tirai ini bisa dimanfaatkan di dapur, kamar mandi, atau kamar tidur anak.

Untuk kepraktisan, Anda dapat mengkombinasikan jenis tirai yang ada.

Kombinasi sheer dan tirai
Kombinasi tirai dengan sheer akan memberi kesan klasik dan elegan. Untuk siang, gunakan sheer dan tatalah tirai di sisi jendela. Sedangkan saat malam, pasang tirai untuk menjaga privasi.

Kombinasi roller blind dan roman blind
Roller blind yang dikombinasikan dengan roman blind terkesan tidak berat dan memberikan privasi tinggi pada ruangan. (f)

Sumber : Femina

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel