83 Minggu, 29 Desember 2013 | 11:05:28

Percayakan Pada Kekuatan Tangga

percayakan-pada-kekuatan-tangga

Tangga yang baik akan memberi kepercayaan bagi pengguna untuk melakukan langkah pertama. Tangga yang dapat dipercaya, tentunya harus menyandang faktor ergonomi dan kekuatan yang ideal. Agar faktor ideal tercapai, ada 5 hal utama yang harus diperhatikan dan dipenuhi. Meski tak langsung turun tangan membuat tangga untuk rumah kesayangan, Anda tetap harus pastikan persyaratan ini bisa terpenuhi.

Biar bagaimanapun, Anda akan lebih mudah percaya dengan tangga di rumah jika sudah memastikan faktor idealnya terpenuhi, kan?

Bentuk
“Beda model tangga, beda pula penyikapan struktur dan konstruksinya,” arsitek Gregorius Don Pieto menjelaskan.

Sebelum berbicara tentang struktur, kita harus mengetahui dulu model tangga yang ingin dibuat di rumah. Bentuk ini akan membedakan penanganan yang harus dilakukan selanjutnya.

Contoh mudahnya, tangga putar dan tangga lurus memiliki struktur yang berbeda, sehingga pengerjaannya pun akan berbeda.

Struktur
Berbicara tentang kekuatan tangga, kita tak dapat melupakan masalah struktur. Struktur adalah bagian tangga yang berfungsi untuk menopang beban yang harus ditanggung sebuah tangga. Beberapa material yang dapat digunakan sebagai struktur tangga, antara lain kayu, beton, dan metal. Masing-masing material memiliki karakteristik tersendiri yang dapat disesuaikan dengan keadaan bangunan.

Pondasi
Agar tangga kuat dan stabil, pondasi dibutuhkan. Pondasi biasanya digunakan terutama pada tangga beton. Terdapat berbagai jenis pondasi yang biasa digunakan, misalnya pondasi batu kali, beton bertulang, atau kombinasi. Pondasi ini akan mencegah tangga mengalami pergeseran dan penurunan.

Beban
Masing-masing bagian tangga memiliki spesifikasi berat yang harus dipenuhi untuk menyandang syarat sebagai tangga ideal. Plat lantai ideal harus dapat menampung beban minimal 200 kg/m². sedangkan konstruksi tangga harus lebih kuat dari plat lantai dan dapat menampung beban minimal 300 kg/m².

Sambungan
Layaknya melakukan cek ulang saat akan pergi agar tak ada barang yang tertinggal, tangga pun harus dicek ulang sebelum penggunaan pertama. Masing-masing aksesori hingga yang terkecil harus dapat berfungsi dengan baik. Misalnya, skrup harus kuat menyambung satu komponen dengan lainnya.

( MARIA JACKLYN )
Sumber : Tabloid Rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel