37 Jum'at, 27 Desember 2013 | 04:24:10

7 Cara Asyik 'Menikmati' Libur di Rumah!

7-cara-asyik-menikmati-libur-di-rumah

Menikmati libur di rumah sambil membereskan rumah atau merenovasi kecil-kecilan bagian rumah bisa menjadi kegiatan menyenangkan. Tidak perlu kerja berat, tapi cukup mengatasi satu atau dua proyek saja yang menyenangkan Anda. Anda dapat memulai tahun baru 2014 nanti dengan suasana rumah lebih segar, bersih, dan nyaman.

Anda bisa meluangkan waktu untuk bekerja pada satu proyek yang biasa tidak akan pernah Anda lakukan lantaran tak punya banyak waktu, seperti mengedit foto dari tahun lalu, membereskan buku-buku dan album foto, atau garasi rumah yang berantakan. Setidaknya, satu langkah baru sudah Anda lakukan untuk menyambut tahun baru nanti. Simak beberapa kegiatan yang bisa Anda cicil untuk memulai liburan Anda berikut ini:

1. Bersihkan kehidupan digital Anda.
Akhir tahun adalah saat yang tepat untuk mengedit beberapa file foto digital Anda. Pekerjaan ini mungkin sangat menyenangkan, karena Anda bisa bernostalgia selama setahun lalu dan menciptakan ruang-ruang pada hard drive Anda untuk tahun yang akan datang.

Hapus semua file yang tak terpakai, buat file baru dan mulailah mempersempit koleksi Anda untuk menambah koleksi foto terbaru tahun depan. Adakah snapshot favorit Anda dari 2013 ini?

Jangan lupa, pastikan Anda membuat cadangan data menggunakan layanan cloud atau hard drive eksternal (atau keduanya ) jika belum melakukannya. Kumpulkan semua kata sandi Anda di satu tempat yang aman dan bersihkan virtual desktop Anda.

2. Atur koleksi buku Anda
Memilah-milah buku-buku lama tak ubahnya membereskan kolek foto Anda. Buku-buku itu menawarkan sebuah snapshot dari minat dan gairah pada saat Anda membacanya.

Anda bisa memulai aktivitas ini melalui rak buku Anda satu per satu. Anda bisa menyisihkan buku yang sudah tak lagi Anda baca karena telah lama bercokol ditumpukkan paling bawah, lalu disumbangkan atau dijual untuk modal membeli buku baru yang Anda buru.

3. Membersihkan lampu kaca
Ini adalah salah satu hal yang sebenarnya cukup cepat dan tidak repot untuk dilakukan. Anda bisa menggunakan tangga yang kokoh untuk mencapai lampu-lampu itu, dan lap dengan kain kering atau kain lap. Lampu Anda akan menjadi begitu berkilau dan cerah, Anda akan bertanya-tanya mengapa tidak melakukannya lebih cepat.

4. Mengatur lemari pakaian
Sudah punya pakaian baru untuk menyambut pergantian tahun nanti? Bertambahnya koleksi, maka bertambah penuh jugalah isi lemari pakaian Anda. Untuk itu, Anda perlu membuat lebih luas bagian dalam lemari dengan menyingkirkan beberapa pakaian lama, semakin aus atau tak lagi pas dengan ukuran tubuh Anda.

Anda bisa memulainya dengan mengurut apa yang tersisa menurut jenis, mulai celana, rok, kemeja dan lainnya. Setelah itu, pilih yang benar-benar masih bermanfaat. Jika masih laik pakai, meskipun sudah tidak bermanfaat untuk Anda, sumbangkan saja koleksi-koleksi Anda ke kerabat atau teman Anda.

5. Memilah barang-barang anak-anak
Ini memang waktu yang tepat untuk menyingkirkan mainan lama dan pakaian dari kamar anak-anak. Ya, karena anak-anak cenderung lebih fokus pada hal-hal baru yang mereka punya sebagai hadiah ketimbang hal-hal usang.

Untuk anak-anak yang masih sangat muda, Anda mungkin ingin melakukan pengaturan ulang dan selektif. Katakan pada anak-anak Anda, jika sudah bosan dan hanya membuat berantakan, tapi masih bisa digunakan, sebaiknya disumbangkan ke anak-anak lain yang tidak mampu. Selain tidak bikin berantakan, cara ini membantu Anda mengajari anak-anak berlajar berderma untuk membantu seorang anak yang tidak memiliki mainan baru atau pakaian.

6. Bersihkan dapur dari atas ke bawah
Setelah maraton membuat kue untuk menyambut Natal dan perjamuan tamu-tamu Anda, wajah dapur tentu lebih buruk dari biasanya. Nah, tak ada salahnya kini Anda memberikan perhatian dan kasih sayang pada ruangan ini sebelum tahun baru tiba.

Anda bisa membersihkan lemari es, kompor, atau oven set sebagai "pemanasan". Selanjutnya, bersihkan kotoran-kotoran di bagian bawah backsplash dan dinding, menggosok wastafel, bahkan mengepel lantainya yang berminyak.

7. Membersihkan halaman
Bersih dan tidaknya hunian bisa dilihat sejak memasuki halaman dan taman rumah. Di sinilah pandangan pertama tamu merasa nyaman atau tidak saat berkunjung ke rumah Anda.

Anda bisa memulai kegiatan ini dengan memangkas rumput dan gulma sebagai musuh utama taman dan halaman Anda yang asri. Untuk mengatasi gulma dan rumput liar, Anda bisa langsung mencabutinya secara manual memakai tangan dan bantuan gunting. Jika ingin memakai bahan kimia, Anda harus memperhatikan takarannya agar tak mematikan rumput atau tanaman lainnya.

Selain itu, pangkas dahan pepohonan yang mulai melebar, tua dan berantakan arah tumbuhnya agar terlihat ramping dan kembali cantik. Kemudian, bersihkan areal taman dedaunan kering. Anda bisa mengumpulkannya dan menjadikan sebagai pupuk.

Untuk menambah cantik taman yang baru dibersihkan ini, Anda juga bisa menghadirkan beragam tanaman pot. Anda bisa memilih beberapa jenis taman dan menyusunnya secara rapi dan membentuk pola agar sedap dipandang.

Untuk pilihan tanaman, Anda bisa memilih tanaman tanpa bunga. Warna hijau dari daun mampu mempercantik halaman rumah Anda.

Nah, selamat menikmati libur di rumah!

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel