182 Senin, 16 Desember 2013 | 12:31:20

Ciptakan Home Theater di Rumah yang Tak Berisik

ciptakan-home-theater-di-rumah-yang-tak-berisik

Speaker home theater sangat hebat dalam meningkatkan kualitas suara dari film atau musik, speaker tersebut dapat juga merusak penampilan dari dekorasi ruangan home theater, terutama adalah merusak penampilan dari dinding ruangan. Oleh karenanya dibutuhkan ide-ide kreatif untuk menata penampilan speaker agar terlihat lebih inovatif, sehingga speaker di dalam ruangan home theater Anda terlihat lebih berbeda dari sekedar “kotak hitam” yang menempel di dinding ruangan Anda.

Jika Anda menggunakan kombinasi speaker berukuran kecil, Anda bisa menyamarkan warnanya dengan warna dinding ruangan Anda. Tentunya ini akan sangat membatasi pilihan dekorasi Anda, tapi jika Andamenyukai ide penggunaaan dinding berwarna putih, hitam atau abu-abu, maka ide ini akan sangat berguna.

Cukup potong beberapa bagian plywood (kayu lapis) dengan ukuran kira-kira sama dengan ukuran speaker, nantinya plywood tersebut akan digunakan sebagai alas atau dudukan untuk meletakkan speaker. Pasang beberapa balok kayu berukuran kecil sebagai penguat dibagian dinding yang akan dipasangi plywood untuk dudukan speaker, kemudian pasang rak atau dudukan speaker dari plywood tersebut ke balok kayu dengan menggunakan sekrup. Langkah selanjutnya, cat dinding, rak atau dudukan speaker dan sesuaikan warnanya dengan warna speaker Anda.

Anda dapat menggunakan decorative wall sconce (tungkai berukir) yang berukiran indah untuk memegang speaker-speaker Anda. Wall sconce tersedia dalam banyak ukuran, bentuk dan model. Anda bisa mencari plaster sconce atau sconce kayu dengan berbagai detail atau ukiran dan berbagai lekukan-lekukan. Anda bisa mencari atau memesan sconce dengan bentuk yang antik, misalnya sconce dengan motif atau ukiran daun acanthus.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan sconce dari kayu Ebony yang diukir dengan motif ukiran ala Afrika. Atau Anda juga bisa menggunakan sconce yang diukir dengan motif flora.

Pemilihan sconce yang tepat akan menghilangkan kesan membosankan pada speaker Anda, penampilan speaker Anda akan menjadi lebih dari sebuah “kotak kayu” berukuran persegi

Jika mau, Anda bisa menyembunyikan speaker-speaker home theater tersebut. Letakkan speaker tersebut didalam panel dinding ruangan dengan cara membuat lubang pada dinding dengan ukuran yang sama dengan ukuran speaker-speaker tersebut.

Pasang sebuah rak atau papan kecil diantara panel dinding untuk meletakkan dan menahan speaker-speaker tersebut. Kemudian gantung sebuah lukisan dari kain kanvas berukuran besar untuk melapis dan menutupi speaker-speaker tersebut.

Jika ingin, Anda bisa menambahkan bingkai dari kayu disekitar lukisan kanvas tersebut agar terlihat lebih artistik. Gunakan bingkai kayu tanpa kaca, karena fungsi bingkai kayu tersebut adalah merapikan dan memperkokoh posisi lukisan dari kain kanvas dan speaker yang ada di baliknya.

Jika Anda berhasil membuatnya maka Anda memiliki sebuah benda seni sekaligus juga speaker di balik kanvas lukisan itu. Anda juga bisa menyembunyikan speaker-speaker tersebut dengan membeli standing vase atau pot bunga yang tinggi atau vase gantung, kemudian letakkan speaker-speaker tersebut diantara rerimbunan bunganya. Tapi pastikan pot bunga tersebut tidak tersiram oleh air.

Anda juga dapat memajang konfigurasi speaker-speaker Anda dengan meletakkannya pada rak yang digantung didinding. Berbagai macam bentuk rak dinding dapat Anda beli atau Anda buat sendiri.

Mulai dari yang terbuat dari potongan kaca yang sederhana, kaca yang disusun sedemikian rupa, atau bentukan balok segi empat pada dinding.

Cara lain yang juga bisa digunakan untuk membuat rak inovatif bagi speaker Andaadalah menjadikan rak tersebut sebagai bagian dari elemen dekorasi. Letakkan rak tersebut didinding ruangan, tata sedemikian rupa posisi rak tersebut, misalnya diantara patung-patung, gambar atau lukisan, dan frame lukisan kosong. Bahkan jika Anda mau, Anda bisa meletakkan rak gantung atau rak dinding tersebut di dalam area frame lukisan yang kosong.

Bisa juga Anda membuat beberapa rak, kemudian atur posisi rak yang akan Anda gunakan untuk meletakkan atau dudukan speaker di antara rak-rak yang lain.

Gunakan rak dinding yang berbahan dasar kayu, atau rak kayu yang dilapisi oleh kulit berwarna gelap, atau rak yang terbuat dari metal atau logam untuk memajang speaker Anda. Jika ini telah Anda lakukan dengan benar, maka Anda benar-benar telah menyamarkan speaker-speaker tersebut.

Jangankan orang lain, bahkan Anda sendiri pun akan mengalami kesulitan untuk menentukan yang manakah speaker di antara elemen dekorasi di dinding tersebut.

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel