72 Kamis, 12 Desember 2013 | 04:01:31

Kunci Memilih Mainan Aman untuk Anak

kunci-memilih-mainan-aman-untuk-anak

Beragam mainan anak kini tersedia di pasaran. Mulai dari yang mahal hingga dengan harga terjangkau. Meskipun buah Anda Anda menyukainya tapi hal terpenting yang harus diperhatikan adalah keamanannya. Risiko tertelan, melukai atau mencederai anak bisa saja muncul jika mainan yang diberikan tidak terjamin keamanannya atau tak diberikan sesuai usia anak. Penting bagi orangtua untuk memperhatikan keamanan setiap mainan anak. lalu apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih mainan.

Eko Wibowo, Asosiasi Importir dan Distributor Mainan Indonesia (AIMI), mengatakan bentuk, warna dan bahan mainan harus dilihat seksama. Warna misalnya, warna mainan plasik yang bagus adalah yang berwarna cerah. Karena bila warnanya buram ada kemungkinan dia menggunakan plastik daur ulang.

"Kekuatan dari material daur ulang sangat diragukan. Selain itu, kita juga tidak tahu material-materialnya sebelumnya mengandung apa saja. Kemudian, plastik daur ulang biasanya berwarna lebih buram atau gelap," ujar Eko.

Dilanjutkannya, untuk mainan berbahan kayu juga perlu diperhatikan catnya. Karena beberapa mainan kayu masih menggunakan cat minyak atau cat tembok yang baunya menyengat.

"Mencium baunya dan memperhatikan warnanya itu sangat penting. Selain itu, juga lihat petunjuk teknis di labelnya. Bila tertera logo standar keamanan internasional, seperti CE (European Commission), ST (Japan Toy Safety Standards), Australian Standard dan lainnya, tentu mainan itu sudah melalui uji coba laboratorium," sarannya.

Saat ini juga diberlakukan Standar Nasional Indonesia (SNI) agar mainan yang beredar memenuhi syarat. Aturan SNI untuk semua produk mainan impor maupun dalam negeri sudah dijalankan pemerintah dari tahun ini dan diharapkan pada Mei 2014 semua produk mainan sudah memiliki sertifikat SNI. Bila yang belum memiliki, maka pemerintah akan menarik mainan tersebut dari peredaran.

"Setelah sertifikasi SNI wajib dimiliki semua pengusaha tentu konsumen akan merasa lebih lega. Namun, saat ini konsumen harus lebih hati-hati dengan memperhatikan hal-hal tertentu, seperti warna mainan plastik dan bau cat," ujar Eko.

Penulis  : Kharina Triananda/MUT
Sumber : Berita Satu

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel