76 Jum'at, 06 Desember 2013 | 10:33:21

Inilah... Penjepit Jemuran Paling Cerdas!

inilah-penjepit-jemuran-paling-cerdas

Ini memang inovasi sederhana, tetapi hasilnya luar biasa. Desainer berkebangsaan Swedia, Idan Noyberg dan Gal Bulka, merancang jepitan jemuran yang bisa menyerap energi sinar matahari. Dengan sensor karyanya, Noyberg dan Bulka membuat jepitan ini berhasil menjadi alat simpel penyimpan energi matahari yang bisa menyulap seisi kota seolah berada dalam lautan warna-warni di malam hari.

Hanya "menumpang" pada pasak dan tali jemuran, panel solar mungil ini bisa dijepit pada pakaian yang tengah dijemur atau menggantung di jemuran pada siang hari. Selanjutnya, sistem internal di dalam jepitan ini akan otomatis mengaktifkan sensor untuk menyerap energi.

Setiap jepitan ini memang memiliki panel surya kecil yang menempel pada bagian atas klip untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya sinar matahari sepanjang hari. Pada senja hari, sensor tersebut akan secara otomatis memasok power pada baterai kecil sebagai isyarat untuk mengaktifkan diri. Sontak, secara otomatis aliran energi pada jepitan ini akan menerangi lampu-lampu light emitting diode (LED) warna-warni.

Jepitan yang cerdas, tentunya. Untuk kebutuhan tugas rumah tangga sehari-hari, kehadiran "jepitan ajaib" ini bukan saja akan menambah kontribusi visual untuk perkotaan, tetapi juga menjaga nuansa kehidupan kota yang ramah lingkungan.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel