105 Kamis, 05 Desember 2013 | 09:41:42

Cara Bangun Rumah Eco-Friendly

cara-bangun-rumah-eco-friendly

Isu lingkungan merupakan salah satu isu yang paling disorot saat ini. Green building misalnya. Green building merupakan sebuah konsep pembangunan gedung yang memperhatikan aspek-aspek pada lingkungannya. Tidak hanya gedung, rumah pun bisa didesain dengan konsep ramah lingkungan, atau yang biasa kita sebut dengan rumah eco friendly. Mendesain rumah ramah lingkungan tidaklah sulit. Semuanya bergantung pada kesadaran masing-masing kita untuk membangun sekaligus menjaga lingkungan sekitar agar tetap seimbang.

Dilansir dari Interiorholic, berikut tips yang bisa Anda simak untuk mendesain rumah yang eco friendly.

Tempat
Memilih lokasi atau tempat merupakan faktor yang paling utama dalam membuat rumah eco friendly. Sebaiknya, pilihlah lokasi yang banyak memberikan cahaya alami kedalam rumah, sehingga dapat membantu Anda untuk menghemat energi di rumah.

Minimalisir Limbah Sisa Konstruksi
Meminimalisir limbah sisa konstruksi dapat Anda lakukan dengan tehnik prefabrikasi. Tehnik prefabrikasi adalah metode perakitan komponen pada rumah yang dirakit di pabrik.

Desain Jendela yang Tepat
Jendela yang tepat dapat membantu Anda untuk menghemat energi pemanasan atau pendinginan secara signifikan.

Memanfaatkan Tenaga Matahari
Anda dapat menggunakan panel surya untuk memanfaatkan tenaga matahari. Dengan tenaga surya, Anda dapat mengalirkannya ke listrik rumah Anda. Dengan begitu cara ini juga membuat Anda berhemat saat membayar tagihan listrik.

Bijak Dalam Menggunakan Air
Anda dapat memasang sistem untuk mengumpulkan air hujan. Air ini dapat anda gunakan untuk menyiram toilet. Selain itu, penghematan air lainnya dapat dilakukan dengan cara memasang kran air yang beraliran rendah untuk mengurangi konsumsi air yang berlebihan.

Rooftop Garden
Jika Anda memiliki lahan yang sempit, membuat rooftop garden atau taman atap bisa menjadi pilihan. Selain dapat membuat suasana rumah lebih hijau, rooftop juga berfungsi untuk mengurangi kebisingan. (wdi)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel