184 Selasa, 03 Desember 2013 | 09:34:55

Desember Datang, Saatnya Dekorasi Natal

desember-datang-saatnya-dekorasi-natal

Tren tidak selamanya terjadi dengan sendirinya. Uniknya, tren yang terjadi, tidak sama antara satu tempat dengan tempat yang lain. Banyak sekali tren yang diciptakan, di "launching" dan dipopulerkan oleh organisasi, lembaga atau perusahaan tertentu untuk kepentingan umum, dan mempromosikan produk mereka. Hal inilah yang akan mempengaruhi tren warna dan tren produk.

Tren di negara–negara Eropa dan Amerika, umumnya terbagi menjadi empat musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Tren berdasarkan musim ini walupun memengaruhi tren di Indonesia, tidak seluruhnya bisa diterima karena kondisi di Indonesia yang tidak mengenal empat musim.

Tren Natal amat dipengaruhi dengan tema warna dan nuansa yang berbeda. Tren Natal di Indonesia, jelas amat dipengaruhi oleh tren di Eropa dan Amerika. Hal ini dikarenakan negara – negara ini mayoritas penduduknya beragama Kristiani, dan merayakan Natal secara lebih meriah dibandingkan negara – negara lainnya.

Dari Eropa dan Amerika, kita ketahui bahwa dekorasi Natal di tahun 2012 menjadi lebih bersifat ekspresif. Kehidupan modern menginspirasi setiap orang untuk lebih mengekspresikan keinginannya dalam mengunakan warna yang disukainya.

Umumnya ekspresi individu walaupun beragam dapat dikelompokkan  menjadi ekspresi yang bersifat alamiah (natural), meriah (ekstravaganza), imaginasi (imaginative), elegan dan "sophisticated"

Beberapa tema khusus dekorasi natal, seperti precious jungle, fantasy  forest, glowing dessert, gracious coast, yang merangkum berbagai ekspresi di atas.

Secara global, ada satu tren yang tetap diminati yaitu tren yang mencerminkan warna – warna klasik Natal, yaitu merah, emas, hijau dan putih. Dekorasi Natal yang berupa daun cemara pinus, buah cemara (pine cone), bola – bola Natal, bunga kastuba (poinsettia), dan lilin natal. Kembalinya tren klasik Natal ini diprediksikan terjadi karena kejemuan orang setelah beberapa tahun terakhir ini berekspresi dengan warna dan tema yang modern dan jauh dari warna – warna klasik Natal.


Warna dan tema Natal yang klasik memang terbukti akan bertahan selamanya, tepat jika dijuluki sebagai “timeless Christmas theme”.

Tren Warna 2013
Di tahun 2013 ada beberapa tren warna yang diberlakukan sepanjang tahun. Tren warna ini diberlakukan dalam dunia interior desain, furniture, yang produknya digunakan sepanjang tahun. Tren warna ini akan sedikit berbeda yang diberlakukan dalam dunia fashion dan make up, yang mengenal tren sesuai musimnya (empat tren warna sepanjang tahun).

Fashion desain memang mempunyai ritme pergerakan yang paling cepat dibandingkan bidang desain lainnya.

Untuk tren warna yang berlaku sepanjang tahun, ada dua  tren warna yang berbeda yaitu:

  • Lemon sorbet (kuning muda agak kecoklatan) dicetuskan oleh interior desainer senior di amerika Benjamin Moore. Dalam interior, warna ini akan banyak dipadukan dengan warnamint, merah muda, biru, coral, dan warna – warna dalam keluarga warna vanilla. Dalam dunia floral design, warna lemon sorbet didapat dari berbagai macam bunga yang berwarna kuning muda seperti beberapa tipe lily, rose,  tulip, carnation, gladiol, dan sebagainya.
  • Emerald Green (hijau emerald) diluncurkan sebagai colout of 2013 oleh Pantone. Perusahaan yang bergerak di bidang warna. Warna ini dapat dipadukan dengan berbagai macam warna termasuk dengan lemon sorbet, tangerine, dan berbagai warna lainnya. Warna emerald green lebih banyak didapat dari warna dedaunan yang berwarna hijau daun dan hijau sedikit kekuningan. Cukup jarang bunga yang berwarna emerald green. Produk dedaunan dan lumut, akan diprediksikan menjadi lebih popular dan diminati konsumen.


Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel