111 Kamis, 14 November 2013 | 11:13:09

Pengertian Desain Interior Penting Dipahami Sebelum Merombak Rumah

pengertian-desain-interior-penting-dipahami-sebelum-merombak-rumah

Desain interior adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari karya seni dalam suatu bangunan. Tujuan dari ilmu ini adalah untuk menciptakan kehidupan manusia yang lebih baik dengan perancangan bagian dalam bangunan untuk menimbulkan efek-efek tertentu yang diinginkan. Hal ini cukup beralasan karena dalam konsep desain interior hal yang dianggap penting bukan saja hanya bentuk ruang namun semua elemen pendukung bagian dalam rumah atau bangunan.

Dalam memahami tentang pengertian desain interior ini maka bidang arsitektur yang ada harus meliputi tiga hal yaitu yang pertama rancangan interior yang bersifat tetap misalnya denah ruangan, lokasi tembok dan hal lainnya sehubungan dengan bentuk bangunan.

Yang kedua adalah rancangan interior yang bisa bergerak seperti misalnya perabotan yang digunakan untuk setiap ruangan seperti kursi, meja dan tempat tidur, bahan yang dipilih untuk perabotan tersebut dan juga desainnya.

Sedangkan hal penting ketiga adalah rancangan interior yang bersifat dekoratif seperti misalnya lampu, lukisan, pajangan atau berbagai macam aspek dekoratif lainnya yang bertujuan untuk memperindah ruangan.

Kemudian sebelum merombak ruangan rumah atau hunian Anda sesuai dengan desain interior yang menarik hati Anda maka Anda harus mengetahui prinsip-prinsip penting dari desain interior.

Prinsip pertama adalah pentingnya proporsi untuk setiap benda dan ukurannya agar semuanya terlihat seimbang.

Prinsip kedua adalah pentingnya pemilihan warna yang sesuai karena warna bisa mempengaruhi mood Anda.

Prinsip ketiga adalah daya tarik ruangan yang berupa misalnya posisi meja, pintu dan juga berbagai benda lainnya.

Prinsip berikutnya adalah ritme dan yang terakhir detail. Untuk detail walaupun terkesan kecil hal ini merupakan faktor penting untuk menyeimbangkan ruangan dengan semua perabot dan aksesoris atau ornamen yang Anda pilih. Selain itu keseimbangan juga menjadi prinsip penting yang wajib diperhatikan.

Dengan memahami pengertian desain interior dan semua prinsip desain interior tersebut apabila Anda ingin merombak rumah atau ruangan tertentu di dalam rumah Anda pastikan Anda tidak sembarangan melakukannya. Patuhilah semua prinsip tersebut untuk menciptakan bentuk desain interior yang seimbang, elegan, dan tentunya memberi efek kenyamanan bagi Anda dan penghuni lainnya.

Pastikan pula untuk tidak mengabaikan efek estetika atau keindahan karena hal ini bisa mempengaruhi berkelas atau tidaknya rancangan suatu interior satu dengan interior lainnya. Dengan memahami prinsip-prinsip tersebut dan berusaha menerapkannya Anda akan mampu menciptakan ruangan yang bercita rasa tinggi.

Sumber : Property Kita

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel