109 Kamis, 14 November 2013 | 10:12:28

Rumah Berdinding Kaca Lebih Irit Energi

rumah-berdinding-kaca-lebih-irit-energi

Semangat go green juga bisa diterapkan pada hunian. Ada sejumlah keuntungan yang akan didapat si pemilik rumah, salah satunya adalah hemat energi. Menurut Arsitek Arya Cipta Graha, Cosmas D Gozali pemilik rumah bisa menggunakan materi kaca sebagai dinding. Sebab Indonesia termasuk negara dengan geografis cahaya matahari yang cukup lama. Hal ini berbeda dengan situasi di negara-negara Eropa.

"Setiap design rumah yang saya arsitek di Indonesia, saya selalu menggunakan kaca sebagai dinding," ujar  Cosmas kepada Okezone, belum lama ini, di ruang kerjanya.

Dengan materi kaca, maka sinar matahari akan langsung menerangi ruangan. Hal ini bisa meminimalisir penggunaan lampu di dalam ruangan. "Indonesia itu iklimnya tropis. Indonesia beruntung memiliki sinar matahari yang terang," ujar arsitek yang telah mengantongi sejumlah penghargaan tingkat internasional ini.

Namun, penggunaan dinding kaca ada baiknya bila diberi lapisan agar bisa filter cahaya. Filter bisa berupa gordyn atau tanaman.

"Skin (pelapis) yang dimaksud bisa menggunakan tanaman rambat. Jadi ketika ada angin akan ada shadow (bayangan). Atmosfer ruangannya bisa menjadi natural," jelasnya.

Dari sisi pembiayaan, memang harga dinding materi batako atau batu bata lebih murah. Namun manfaat yang diberikan dari penggunaan kaca akan bersifat jangka panjang. "Kaca itu kan semakin luas penggunaanya akan lebih tebal. Tentu harganya akan menyesuaikan," demikian ungkap Cosmas. (nia)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel