203 Rabu, 13 November 2013 | 10:56:09

Dipakai Sayang, Dibeli untuk Apa?

dipakai-sayang-dibeli-untuk-apa

Di negeri asalnya, perangkat memasak dipergunakan maksimal sesuai fungsinya. Di sana, sebuah dapur bisa dilengkapi dengan microwave , oven, hobs , cookerhood , dishwasher , dan sink . Perabot-perabot ini bukan hanya dipajang. Mereka dipergunakan sebagaimana mestinya. Microwave untuk menghangatkan makanan, kompor untuk memasak, dishwasher untuk mencuci piring dan gelas.

Di Indonesia, kondisinya agak berbeda. Banyak pemilik rumah-rumah masa kini yang menempatkan aneka kitchenware terbaru di dapurnya. Ironisnya, perangkat ini jarang dipergunakan sebagaimana fungsinya. Ini antara lain karena pemilik rumah merasa sayang memgunakan perabot dapur yang harganya bisa sampai jutaan rupiah itu. Sebagai gantinya, proses memasak dilakukan di dapur kotor yang rata-rata masih ditempatkan di sudut yang tak terlihat dan dilengkapi perangkat memasak seadanya, seperti kompor portable dan rice cooker .

Lupakan saja kontroversi tadi. Yang jelas, di zaman modern ini perabot dapur semakin beragam. Perabot-perabot kitchen berikut ini dapat dipilih untuk melengkapi dapur. Desainnya tak ketinggalan zaman, fungsinya pasti dapat mendukung aktivitas di dapur.
 
Hobs – kompor tanam.
Produk ini mulai banyak digunakan pada kitchen set  terkini. Sistem tanamnya memungkinkan hobs “rata” dengan permukaan top table , sehingga tidak mengganggu tampilan kitchen set  secara keseluruhan. Desain yang semakin cantik pun dapat membantu mengangkat tampilan dapur secara keseluruhan. Di pasaran beredar kompor tanam bertenaga listrik dan gas. Keduanya berbeda menurut teknologi dan desain. Gas memanaskan lebih cepat dari listrik. Kompor listrik lebih cocok untuk kitchen se t modern yang digunakan untuk proses memasak tingkat sedang.

Cookerhood – penyedot asap.
Alat ini sangat membantu menghilangkan asap dan bau akibat proses memasak. Cookerhood tersedia dalam beragam desain. Berdasar lokasi pemasangan, cookerhood terbagi dua kategori, yakni menggantung dan menempel ke dinding. Yang menggantung tepat untuk area memasak di tengah ruang. Untuk area memasak di pinggir ruang, pergunakan cookerhood yang menempel ke dinding. Cookerhood bekerja dengan tujuan menyedot udara keluar, atau menyirkulasikan kembali ke dalam ruangan. Untuk itu, cookerhood dilengkapi dengan kipas penyedot dan filter penghilang bau.

Kulkas – lemari pendingin.
Yang ini sudah pasti tak asing lagi. Di lemari ini, kita biasa menyimpan bahan makanan mentah maupun hidangan matang. Kulkas terbaru memiliki fitur-fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan. Ketinggian dan posisi raknya bisa diubah-ubah. Ada pula yang dilengkapi fitur tambahan, seperti penghilang bau serta penghilang bunga es.

Oven – pemanggang.
Pemanggang dibutuhkan secara insidental. Misalnya, ketika kita ingin mebuat kue atau ayam bakar. Rata-rata oven bertenaga listrik. Namun ada pula yang menggunakan gas (biasanya menyatu dengan kompor standing ). Oven listrik rata-rata menyedot daya cukup besar, sehingga terkesan boros listrik. Pada kitchen set , oven dapat dipasang built-in  atau berdiri sendiri. Untuk ini perhatikan spesifikasi oven.

Dishwasher - mesin pencuci piring
Pencuci piring ini memang belum banyak dipergunakan di tanah air. Konsumennya masih terbatas. Rata-rata kita lebih senang mencuci piring di sink. Namun kalau bicara kepraktisan, dishwasher jauh lebih praktis. Untuk mencuci piring, gelas, atau perabot makan lainnya, Anda tinggal menempatkan piring pada rak-rak yang tersedia, dan mesin ini akan mencuci secara otomatis. Cara kerjanya mirip mesin cuci pakaian. Ia mencuci, membilas, dan mengeringkan.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel