88 Selasa, 12 November 2013 | 10:55:51

Home Appliance Pintar Makin Dicari Konsumen

home-appliance-pintar-makin-dicari-konsumen

Peningkatan pilihan konsumen Indonesia pada kepemilikan produk elektronik dengan teknologi pintar ternyata tak hanya didominasi perangkat telepon selular. Tren serupa juga terjadi pada perangkat elektronik pendukung kebutuhan rumah tangga seperti lemari es dan mesin cuci. PT LG Electronics Indonesia (LG) mencatat terjadinya peningkatan pembelian kedua perangkat elektronik rumah tangga yang dilengkapi teknologi pintar ini sejumlah 11% dibanding tahun 2012 lalu.

"Konsumen sekarang semakin mempertimbangkan keberadaan teknologi pintar sebelum menentukan pilihan pembelian perangkat elektronik kebutuhan rumah tangga. Tidak lagi hanya pada faktor desain, harga dan fungsi dasarnya," papar Melvin Rubianto, Head of Product Marketing Washing Machine LG Electronics Indonesia.

Salah satu yang menjadi pemicunya, lanjut dia, semakin terbuka dan mudahnya informasi tentang kesehatan dan kepedulian pada lingkungan.

"Berbeda dengan perangkat mobile phone yang lebih menekankan pada kecanggihan konvergensi dan multimedia, teknologi pintar pada perangkat elektronik pendukung rumah tangga lebih merujuk pada keberadaan fitur pendukung kesehatan dan ramah lingkungan," tambah Melvin.

Disamping pilihan material, katanya, khusus untuk teknologi ramah lingkungan, cakupannya juga termasuk pada besaran daya listrik dalam pengoperasian perangkat.

Lebih lanjut Melvin menyatakan, berbanding tahun lalu pada periode yang sama, LG mencatatkan terjadinya pertumbuhan dalam kisaran 11% untuk perangkat lemari es dan 12% untuk produk mesin cuci dengan teknologi pintar ini.

Besaran ini sama dengan keberhasilan LG untuk menjual 25,000 unit lemari es 'pintar' dari awal 2013 yang naik jumlahnya bila dibanding keseluruhan penjualan sepanjang 2012.

Sementara untuk perangkat mesin cuci 'pintar', jumlah penjualannya mencapai 38,500 unit terhitung dari awal tahun ini. Sedangkan pada tahun sebelumnya, penjualan hanya menyentuh angka 34,000 unit.

Meskipun bila dibandingkan dengan jumlah keseluruhan unit terjual, jumlah ini terhitung kecil. Sepanjang tahun ini saja, perusahaan berbasis di Korea Selatan ini, berhasil meraih penjualan lemari es dari berbagai varian hingga mencapai 845,000 unit. Sementara bagi mesin cuci, jumlahnya mencapai 510,000 unit sepanjang tahun ini.

Kecilnya kontribusi dari sisi unit ini, menurut Melvin Rubianto, karena fitur 'pintar' pada perangkat lemari es dan mesin cuci hingga saat ini lebih banyak tersedia pada kategori premium.

"Namun, melihat pergerakan perilaku konsumen ini, LG bakal memperluas ketersediaan fitur pintar ini untuk menyasar konsumen kelas menengah dan bahkan bawah," tambah Melvin.

Sebagai wujud konkretnya, kata dia, LG sedang mempersiapkan kehadiran mesin cuci bukaan atas terbarunya seri Sapience. Seri ini bakal tersedia mulai dari yang kapasitas pencuciannya 12, 15, 17 hingga 20 kilogram.

Sumber : Berita Satu

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel