88 Jum'at, 18 Oktober 2013 | 03:41:39

Ruang Imajinasi Anak

ruang-imajinasi-anak

Kamar adalah ruang yang sangat berpengaruh pada perkembangan kepribadian dan kreativitas anak. Jika Anda ingin mempersiapkan ruang nyaman untuk sang buah hati, simak langkah-langkahnya.


Desain
Memilih gaya tatanan ruang untuk kamar anak harus disesuaikan dengan usia serta keinginan anak. Karena mereka yang akan menjadi penghuni ruang tersebut, biarkan anak Anda mengembangkan imajinasinya dalam menentukan desain.


Kenali aktivitas anak
Sebelum mendesain kamar anak, perhatikan kebutuhan aktivitas di kamar tersebut untuk memperhitungkan furnitur yang diperlukan. Selain untuk tidur, kamar anak biasanya berfungsi juga sebagai ruang belajar sekaligus bermain.


Furnitur
Pemilihan furnitur haruslah disesuaikan dengan dimensi ruang. Jika kamar tak terlalu luas, pilih furnitur yang kompak. Furnitur built-in yang disesuaikan dengan kebutuhan ruang akan membuat kamar lebih efisien dan tidak terasa sesak.


Warna
Unsur warna sangat berpengaruh pada perkembangan kreativitas anak. Warna-warna cerah seperti merah, jingga, dan kuning mampu merangsang imajinasi anak. Tapi pilihan warna tetap harus seimbang. Sebab warna-warna yang terlalu tajam dan menyolok juga tidak baik untuk tingkat emosional anak.


Tematik
Kamar anak juga biasanya dirancang secara tematik sesuai tokoh kegemaran anak. Namun desain yang terlalu tematik terkadang justru membuat imajinasi dan kreativitas anak kurang berkembang. Oleh karena itu, sebaiknya unsur tematik dihadirkan hanya sebagai aksentuasi saja.


Area teritorial
Jika satu kamar dihuni lebih dari satu anak, pastikan tiap anak memiliki areanya masing-masing. Hal ini juga sebagai sarana belajar agar anak memahami arti bertanggung jawab terhadap wilayah teritorialnya masing-masing.


Material
Pemilihan material juga perlu diperhatikan. Pilih cat tembok dan furnitur yang aman dan bebas racun sehingga tidak mengganggu pernapasan. Karpet sebagai penutup lantai memang aman, tetapi ingatlah untuk selalu membersihkannya secara rutin dari debu dan kotoran.


Sirkulasi
Yang paling penting diperhatikan di kamar anak adalah sirkulasi ruang, sirkulasi udara, dan pencahayaan yang baik. Bukaan yang cukup akan memperbanyak udara dan cahaya alami yang masuk, sehingga kualitas udara di kamar anak lebih sehat.


Sumber : Viva news

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel