119 Selasa, 01 Oktober 2013 | 03:54:02

Membuat Kamar Mandi "Basement", seperti Bermain Teka-teki Silang!

membuat-kamar-mandi-basement-seperti-bermain-teka-teki-silang

Bukan hanya urusan pipa dan ventilasi, tapi Anda harus berpikir tentang ruangan yang Anda sedang bangun ini. Apakah Anda akan menjadikannya sebagai model rumah bergaya seratus tahun lalu dengan batu-batu alam atau sebuah bangunan modern dengan aneka tampilan struktur beton?

Memang, strategi paling pas untuk membuat kamar mandi di ruang bawah tanah atau basement adalah dengan menyembunyikannya. Tetapi, kadang-kadang ada saja ada cara untuk membuatnya tampil menarik dan malah tidak membosankan. Alasannya, kamar mandi basement perlu bersaing dengan ruang-ruangan lain di bawah rumah Anda ini, seperti ruang santai atau anak-anak tangga.

Salah satu bagian paling penting dari kamar mandi di ruang bawah tanah adalah kondisi langit-langit yang cukup kuat untuk mengusir kelembaban ke luar rumah. Seperti uap misalnya, seolah hanya "awan kecil" saja saat Anda sedang mandi. Tapi, setelah Anda pergi setelah mandi, uap akan kembali berubah menjadi air dan masuk ke sela-sela dinding dan lantai ruangan. Pada akhirnya, ini akan menjadi hal-hal kotor yang tidak ingin Anda bersihkan setiap kali selesai mandi.

Tentunya, kehadiran sebuah kipas ventilasi adalah cara Anda untuk menggiring kelembaban keluar dari ruangan ini. Sekali lagi, keluar dari ruangan ini! Jangan sampai, kamar mandi terasa panas atau malah benar-benar hanya terasa dingin, karena suhu di dalamnya harus tetap seimbang.

Perlu Anda camkan, bahwa sebuah kamar mandi basement menawarkan banyak peluang untuk menggunakan bermacam struktur baku yang sudah ada di rumah. Pondasi dinding yang menjadi struktur bangunan rumah, misalnya. Mengapa Anda harus menutupi penampilan kuatnya dengan dinding gipsum? Tak perlu!

Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan instalasi pipa air atau listrik. Memang, tidak semua instalasi air atau listrik itu terlihat bagus dilihat. Namun, jika Anda punya rencana membuat struktur ruangan terbuka (open plan), hasil yang didapatkan bisa sebaliknya, yaitu sangat unik dan menarik.

Mengekspos pipa dapat menjadi cara yang keren untuk membuat ruang bawah tanah di rumah Anda serasa pabrik industri atau rumah dalam gua seperti di zaman purba. Ini lebih baik dan tidak merepotkan ketimbang membangun ini dan itu untuk menyembunyikan segala sesuatu yang seharusnya Anda perlihatkan. Tak percaya? Simak saja contohnya berikut ini!

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel