105 Kamis, 31 Oktober 2013 | 02:04:28

Jujur Saja... Sebagus Apa Kualitas Kenyamanan Rumah Anda?

jujur-saja-sebagus-apa-kualitas-kenyamanan-rumah-anda

Menurut Huffington Post, semua orang di dunia ini membutuhkan sanctuary atau tempat yang bisa digunakan sang pemilik rumah untuk berkontemplasi, mencari ide, atau beristirahat. Ternyata, ruang semacam itu tidak perlu dibuat secara khusus. Sanctuary atau "tempat perlindungan" bisa menjadi bagian dari ruang lain di dalam rumah. Ada beberapa kualitas yang dibutuhkan oleh ruang tersebut.

Hal pertama adalah perspektif.

"Ketika Anda berada di dalam tempat perlindungan, Anda berpartisipasi dalam pengalaman yang membantu Anda mengeti hal-hal di sekitar Anda," ujar Sally Augustin, seorang Psikolog Lingkungan kepada Huffington Post.

"Hal itu memberikan Anda waktu dan ruang agar Anda bisa merespon berbagai situasi dalam cara yang konsisten terhadap tujuan hidup Anda," tambahnya.

Kedua, kesempatan untuk "melarikan diri".

Menurut Augustin, manusia merupakan makhluk sosial dan memiliki kebutuhan untuk selalu memonitor sekelilingnya. Jika Anda punya kesempatan untuk "melarikan diri" dari berbagai stimulasi yang memaksa Anda memperhatikan orang lain, Anda akan memiliki tenaga untuk memperhatikan diri Anda sendiri.

Ketiga, privasi.

Hal ini dibutuhkan semua orang meski tidak sepanjang waktu. Anda bisa membuat "tempat perlindungan" yang memiliki fitur seperti pojok-pojok atau ruang mungil tertutup untuk mewujudkan hal ini.

Keempat, kenyamanan.

Kenyamanan merupakan salah satu hal penting yang sebaiknya ada di dalam "tempat perlindungan" Anda. Kenyamanan tidak hanya bisa didapatkan dengan menyediakan kasur atau benda-benda empuk lainnya. Kenyamanan juga bisa Anda dapatkan dengan menyediakan berbagai barang-barang familiar atau barang yang Anda suka. Bahkan, secangkir kopi bisa menjadi benda yang menentukan kenyamanan Anda.

Kelima, kesederhanaan.

Anda tidak perlu mendekor "tempat perlindungan" Anda dengan berbagai benda mewah. Anda hanya perlu sebuah tempat untuk beristirahat dan berpikir, bukan tempat untuk pamer.

Kelima, Anda butuh cahaya matahari.

Menyediakan jendela yang menghubungkan ruang Anda dengan dunia luar akan memberikan Anda kesempatan menikmati hangatnya cahaya matahari.

Cahaya matahari mampu menyehatkan Anda dan membuat ruang tersebut terasa segar. Tentu, hal ini baik bagi Anda. Bahkan, sinar matahari pun terbuktu mampu memperbaiki suasana hati.

Keenam, Anda butuh gangguan.

Namun, bukan gangguan dalam arti sesuatu yang benar-benar mengganggu dan membuat tidak nyaman. Gangguan dalam hal ini adalah suara-suara menenangkan, seperti akuarium, atau suara aliran air.

Nah, selamat menikmati hidup Anda!

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel