377 Selasa, 22 Oktober 2013 | 02:53:47

Taman Tematik

taman-tematik

Taman tematik adalah sebuah taman yang dibentuk menurut tema tertentu. Sehingga semua elemen tanaman dan pendukungnya disesuaikan dengan tema yang telah dipilih. Beberapa contoh taman tematik adalah taman alphabet, taman rempah-rempah, taman industri, taman obat, taman aromatik taman bunga liar, taman anggrek, taman etnis (taman adat Bugis), atau bahkan magic garden dan masih banyak lagi tema-tema taman yang dapat dipilih untuk menciptakan sebuah taman tematik lainnya. Kebanyakan taman tematik memakai elemen tanamannya berupa tanaman koleksi yang dipilih dari berbagai jenis tanaman yang mempunyai kesamaan daya guna. Oleh karena elemen tanamannya merupakan tanaman koleksi, maka taman tematik ini diperlakukan sama dengan perlakuan terhadap tanaman koleksi, yaitu selalu didata dan dijaga keberadaannya. Taman dengan tanaman koleksi agak berbeda dengan taman hias pada umumnya, elemen tanamannya dipilih semata-mata dari segi keindahan dan keterpaduannya. Taman hias biasa unsur tanamannya tidak di data atau di register dan keberadaannya dapat diubah, diganti atau dihilangkan untuk keperluan lain yang lebih penting.

Taman Alphabet
Image Membuat Taman alphabet, yang pasti adalah harus memakai tanaman yang mudah dibentuk untuk menciptakan beberapa alpabhet. Namun ada juga yang hanya memakai bahan tertentu (bukan tanaman) yang ditanam di sebuah taman. Taman alphabet ini sangat baik sebagai metode pembelajaran bagi anak-anak. Atau bahkan dapat juga membentuknya sebagai angka-angka penjumlahan, pengurangan atau perkalian. Jika memang punya ide cemerlang bagaimana jika taman di sekolah-sekolah dibentuk sebagai taman rumus-rumus matematika, fisika atau kimia. Nah dengan begitu akan membantu para siswa lebih mudah menghafalkannya.

Taman Aromatik
Taman aromatik ini berisi tanaman yang dapat menebarkan aroma wangi. Taman ini dapat bersifat sebagai taman terapi, karena terapi aroma tanaman dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan jiwa lebih segar. Tips agar tanaman aromatik dapat berbunga sepanjang tahun adalah dengan memilih jenis tanaman yang sesuai dengan iklim dan menanamnya di area yang kondusif untuk pertumbuhan bunganya.

Magic Garden
Image Taman ini adalah berupa taman yang mempunyai daya magnet tersendiri agar jika masuk didalamnya akan memberikan daya magik yang luar biasa. Seperti halnya taman labirin, dimana taman labirin merupakan sebuah taman yang berdinding tanaman menyerupai tembok pembatas setinggi manusia dan membentuk lorong-lorong di mana tujuan akhir dari memasuki labirin ini adalah mencapai daerah yang terdapat di tengah labirin.

Dan masih banyak taman tematik lainnya yang dapat dibuat untuk menghiasi taman di rumah. Namun memang ada beberapa taman tematik yang membutuhkan lahan yang cukup luas, ada juga yang dapat diaplikasikan pada lahan terbatas. Semuanya dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menghadirkannya di taman Anda. Jika memang ada yang menjadi pilihan, lebih baik konsultasikan pada orang yang menjual jasa untuk membuat sebuah taman tematik. Agar benar-benar tercipta sebuah taman sesuai keinginan.

Selamat mencoba..!!
 

Sumber : Hunianku

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel