115 Selasa, 22 Oktober 2013 | 09:46:49

Mengubah Psikologis Ruangan Lewat Warna!

mengubah-psikologis-ruangan-lewat-warna

Tahukah Anda, bahwa lewat pemilihan warna yang tepat akan mengubah psikologis di dalam ruangan? Warna juga harus menyesuaikan dengan ukuran ruangan. Trik pemilihan warna yang tepat akan menghasilkan suasana baru penuh kenyamanan. Simak tips berikut

Warna di ruang sempit
Di ruang sempit, warna-warna terang cocok digunakan pada dinding karena akan memberi kesan luas. Warna terang membuat jarak antar dinding terasa lebih jauh dari sesungguhnya.

Warna putih merupakan pilihan terbaik, efek yang bisa mendekatinya didapat dari warna biru muda atau biru pucat. Namun, akan lebih optimal, jika warna terang dikombinasikan dengan jendela besar untuk memasukkan cahaya alami.

Warna untuk ruang luas
Ruang luas memberi kesan dingin dan terasing. Untuk itu, gunakan warna gelap atau hangat seperti coklat atau biru tua. Warna-warna ini akan menciptakan suasana intim yang mendekatkan jarak antar dinding dan menghilangkan suasana dingin.

Warna untuk plafon rendah
Di ruangan yang sempit dan terlalu rendah, Anda sebaiknya menggunakan warna-warna terang atau lebih muda pada area plafon. Ruangan akan berkesan lebih tinggi karena warna plafon lebih terang dari warna dinding.

Warna untuk plafon tinggi
Untuk mengurangi kesan plafon terlalu tinggi pada ruangan besar, Anda bisa memberikan sentuhan warna lebih gelap daripada warna dinding. Hal ini akan menciptakan suasana lebih dekat dan intim.

Warna untuk suasana akrab
Untuk mendukung suasana akrab dan intim di rumah, Anda bisa memaksimalkan pewarnaan di dalam ruangan, area plafon, dinding tengah, dan lantai, dengan cara mewarnainya dengan warna gelap. Warna gelap akan memberi efek visual yang mendekatkan area plafon dan lantai.

Namun, Anda patut berhati-hati apabila plafon ruangan rendah, karena hal ini bisa menciptakan perasaan fobia ruangan sempit.

Warna untuk ruang lebar
Berikan warna dingin pada plafon dan warna hangat atau gelap di kanan kiri dinding. Ini akan mendekatkan jarak antar dinding.

Sebagai paduan untuk menyeimbangkan suasana, area dinding yang gelap dapat diberi aksesori lukisan berwarna cerah. Sedangkan pada bagian tengah dinding, Anda bisa menggunakan warna-warna cerah yang akan menciptakan kesan lebih dalam.

Warna untuk ruang panjang
Cobalah mewarnai area seperti lorong, dengan warna gelap pada area tengah dinding. Kemudian, area kanan kiri dinding dengan warna terang. Dinding bercat gelap akan terasa lebih maju, sementara warna gelap di bagian lantai menjadi pusat perhatian di daerah bawah sehingga ruang terlihat lebih luas.

(Hotmian Siahaan, Maria Jaclyn)

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel