34 Senin, 21 Oktober 2013 | 09:12:46

"Rumah" Ideal Buat Mobil Anda

rumah-ideal-buat-mobil-anda

Desain rumah modern dewasa ini selalu menyertakan carport ataupun garasi sebagai bagian dari arsitektur rumah yang bersangkutan. Bagaimana membuatnya agar area tersebut tidak merusak fasad hunian?

Sebuah garasi biasanya terletak bersebelahan dengan rumah utama. Untuk beberapa desain rumah, kadang garasi terletak agak menjorok ke dalam dan ada satu bagian dengan dataran bersemen yang terbuka sebagai sambungan dari garasi. Itulah yang disebut carport.

Bahkan beberapa rumah modern hanya memiliki carport dan bukan garasi yang tertutup. Gaya ini sebenarnya mengikuti gaya Western karena di luar negeri ada banyak rumah yang memang tidak memiliki garasi melainkan hanya carport. Sebenarnya ini sah-sah saja. Tapi masalahnya, Anda harus mempertimbangkan segi keamanan juga. Apakah menurut Anda sudah cukup aman membiarkan kendaraan Anda diparkir di carport yang terbuka ketimbang di garasi yang tertutup?

"Garasi memang dirasa lebih aman karena memiliki pintu sebagai pelindung. Sementara carport kan hanya landasan parkir. Pelindungnya paling hanya pagar," ujar desainer eksterior rumah Halim Radjasa.

Rumah dengan lahan yang luas memiliki banyak kelebihan. Sebab, di sana bisa dibangun garasi sekaligus carport. Pemandangan ini akan membuat rumah jadi kelihatan lebih mewah.

Memilih garasi atau carport mungkin akan menjadi pekerjaan yang susah-susah gampang. "Pastikan Anda memilih berdasarkan pertimbangan tertentu, seperti berapa luas lahan rumah Anda, juga apakah struktur rumah mendukung pembangunan carport atau garasi?" kata Halim.

"Selain hal di atas, hal lain yang harus dipertimbangkan adalah, apakah rumah Anda berada dalam daerah perumahan yang aman atau tidak? Jangan memaksakan hanya karena itu sebuah tren, tapi membahayakan atau merugikan Anda sendiri," kata Halim lagi.

Saat akhirnya Anda sudah menentukan mana yang akan Anda pilih, bukan berarti pemikiran dan perencanaan berhenti sampai di situ. Anda masih harus berpikir seperti apa nanti bentuk dan desain dari pilihan Anda tersebut. Namun terkadang, ukuran rumah dan ukuran kendaraan yang tidak seimbang bisa menjadi masalah lain. Seperti misalnya rumah Anda adalah tipe mungil yang mungkin hanya bisa membuat garasi yang juga mungil. Garasi tersebut mungkin hanya cukup memuat sebuah kendaraan kota (city car) yang bentuknya sama mungilnya dengan rumah Anda.

Tapi bagaimana jika ternyata kendaraan Anda adalah tipe kendaraan besar, seperti jeep atau sport utility vehicle (SUV)? Bukankah kendaraan tersebut tidak akan muat di garasi mungil Anda? Itu artinya, Anda memerlukan carport sebagai perpanjangan garasi.

"Garasi atau carport bisa dibuat memisah sehingga terlihat sebagai dua tempat yang berbeda. Namun, mereka juga bisa dibangun bersambungan serta menyatu sehingga tampak seperti memanjang dan lebih luas," beber Halim. Salah satu kelebihan garasi adalah keamanannya dibanding carport yang terbuka.

Salah satu kelemahannya adalah karena masih berada di dalam rumah, itu artinya Anda harus memikirkan interior garasi tersebut. "Jangan sampai garasi berubah fungsi menjadi gudang tempat Anda meletakkan barang-barang tak penting atau yang sudah jarang Anda pakai. Inilah satu kelebihan carport, tak ada yang perlu Anda tata atau rapikan," tukas Halim.

Yang pasti, Anda tidak boleh lupa dengan lingkungan sekitar, seperti taman atau rumah inti Anda sendiri. Jangan sampai desain carport ataupun garasi merusak desain lain yang sudah ada. Pastikan semuanya saling mendukung satu sama lain dan berkesinambungan.(tty)

Sumber : Suara Indonesia

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel