102 Senin, 21 Oktober 2013 | 07:14:08

Rumah Sejuk Tanpa AC? Bisa!

rumah-sejuk-tanpa-ac-bisa

Penggunaan AC ibarat pedang bermata dua, satu sisi dibutuhkan untuk mengatasi kenaikan suhu udara yang semakin parah, sementara di sisi lainnya AC juga menjadi salah satu penyebab yang memperparah kondisi lapisan ozon yang berujung pada pemanasan global. Apakah solusi selalu dihadirkan dalam bentuk pendingin udara atau AC? Sebenarnya ada beberapa solusi yang disuguhkan dari dunia arsitektur, seperti berikut ini :


•    Minimalkan penggunaan lantai perkerasan, yang biasanya dipakai untuk carport atau jalan mobil. Perkerasan ini memantulkan terik panas matahari ke muka bangunan. Untuk mengurangi pantulan, Anda dapat menggunakan grassblock atau bebatuan yang ditebar di atasnya. Keuntungan lain adalah daya serap tanah yang lebih tinggi dan halaman yang lebih asri.


•    Teritisan atau overstek. Di negara tropis dengan curah hujan yang tinggi, teritisan dapat berfungsi sebagai penghalang air hujan agar tidak masuk.


•    Teras. Fungsi lain dari teras adalah sebagai peneduh, disamping sebagai sarana kegiatan di luar ruangan. Bukaan,jendela, dan pintu di belakangnya terlindung dari pancaran teriknya matahari.


•    Rongga/ruang antara atap dan plafon dengan ventilasi yang menghembuskan udara panas keluar. Plafon menahan panas yang diterima oleh atap agar tidak masuk secara langsung ke ruang di bawahnya.


•    Sun shading (sirip penghalang). Dapat dipasang secara horizontal atau vertikal di sekitar bukaan atau jendela untuk menghalangi terik sinar matahari.


Solusi yang dipaparkan di atas merupakan solusi yang terkait dengan desain bangunan, karenanya perencanaan desain dan penataan ruang perlu memperhatikan sirkulasi udara di dalamnya. Apalagi kalau bukan untuk kenyamanan Anda. Rumah sejuk tanpa AC.


Foto : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel