120 Senin, 02 September 2013 | 03:04:52

Pemilihan AC yang Tepat Guna

pemilihan-ac-yang-tepat-guna

Dalam menyikapi iklim tropis yang semakin ekstrem, kebanyakan orang mengutamakan penggunaan teknologi seperti AC. Penggunaan penyejuk udara yang satu ini memang terkesan sangat praktis dan efektif. Bagi kebanyakan orang, biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli seperangkat AC akan sepadan dengan kenyaman yang didapatkan ketika AC mulai menyejukkan udara di rumah.

Air Conditioner atau yang lebih dikenal dengan singkatan AC adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembaban suatu area. Di Indonesia sendiri AC umunya digunakan untuk pendinginan, mengingat iklim Indonesia yang tropis. Seiring semakin menipisnya daya listrik yang tersedia, para produsen AC kini memproduksi AC yang menggunakan daya listrik lebih kecil dari produk-produk sebelumnya. Bila biasanya daya yang dibutuhkan sebesar 600 watt untuk AC ½ PK, kini hanya butuh 320-330 watt untuk kapasitas yang sama. Rumah tetap sejuk, beban listrik dapat ditekan.

Jangan lupa untuk mencermati kapasitas AC yang Anda gunakan. Ukuran kapasitas AC biasanya disesuaikan dengan luas ruangan. Contohnya, jika luas ruang 12m², tinggi ruang 3m, maka kapasitas AC yang dibutuhkan adalah 0,84PK.

Berikut ini sistem perhitungannya:

Luas ruangan x (tinggi : 3) x 0,07 = kapasitas AC yang dibutuhkan.

Pilihlah AC yang sudah dilengkapi dengan teknologi converter. Ketika udara di dalam ruang sudah cukup sejuk, secara otomatis AC tersebut akan mengurangi beban pendinginan. Beban puncak daya listrik hanya pada saat start . Energi yang dihemat pun hampir 50%. Anda juga dapat mengoperasikan sistem timer pada AC agar AC hanya bekerja pada waktu yang ditentukan.

Dalam menggunakan AC, Anda harus rutin memperhatikan perawatannya. Debu dan kotoran yang menghalangi aliran udara pada AC dapat membuat mesin terpaksa bekerja lebih keras. Bersihkan filter dan sirip AC secara berkala minimal tiga bulan sekali.

 

 

Sumber: Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel