156 Kamis, 08 Agustus 2013 | 10:15:24

Beberapa Tanaman Berbahaya Bagi Taman Anda

beberapa-tanaman-berbahaya-bagi-taman-anda

Mungkin bagi Anda, taman adalah lokasi sempurna untuk berkontemplasi, melakukan hobi, atau sekedar beristirahat sembari menyeruput teh hangat. Sayangnya, bagi anak-anak kecil, taman adalah lokasi berpetualang yang ideal.

Di taman anak-anak dapat mengeksplorasi rasa keingintahuan pada binatang dan tanaman di sekitar mereka. Dengan begitu, ada baiknya Anda tidak menghalangi proses belajar mereka.

Namun, ada baiknya juga Anda tetap mewaspadai adanya bahaya mengintai di rumah, terutama di taman Anda. Tidak semua tanaman aman bagi Anda dan anak Anda. Berikut ini beberapa tanaman yang umum ada di pekarangan rumah, namun tergolong berpotensi membahayakan kesehatan Anda:

Daffodil (Narcissus spp)

Daffodil merupakan sebutan umum bagi bunga-bunga yang termasuk dalam varietas bunga narcissus. Daffodil tergolong memiliki racun berbahaya, terutama bila bagian umbi atau akarnya termakan.

Bagian tesebut dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti muntah-muntah dan diare. Ketika termakan, mereka juga menyebabkan tekanan darah tinggi, tremor, dan debaran jantung.

Azalea (Rhododendron simsii)

Bunga Azalea dan bunga-bungaan yang termasuk dalam rhododendron dan tergolong memiliki racun tingkat rendah bagi hewan peliharaan dan manusia. Seluruh bagian tanaman bunga ini mengandung komponen andromedotoxins (grayanotoxins) yang tergolong beracun.

Bunga Jepun (Nerium oleander)

Bunga Jepun atau biasa disebut dengan Oleander, memiliki racun sangat bebahaya pada seluruh bagian tanaman ini. Gunakan sarung tangan dan cucilah tangan Anda sehabis merawat tanaman ini. Berhati-hatilah, jangan sampai Anda tidak sengaja menelan getahnya karena akan berakibat fatal.

Selandang Putih (Spathiphyllum cannifolium)

Selandang Putih, keladi wangi, bendera putih, atau peace lily merupakan tanaman bunga favorit di daerah minim cahaya. Sebenarnya, selandang putih hanya berbahaya jika Anda memakan sejumlah besar daunnya. Karena itulah, tanaman ini cenderung ideal Anda pajang di rumah karena mampu mempercantik rumah sekaligus membutuhkan perawaran yang tidak sulit.

Pohon Bahagia (Dieffenbachia sp.)

Pohon Bahagia, atau dumb cane merupakan tanaman rumah yang juga mampu hidup dalam kondisi minim cahaya. Getah tanaman ini mampu membakar lidah dan membuatnya bengkak. Pembengkakan lidah akibat dari getah tanaman ini mampu mencegah udara masuk melewati kerongkongan sehingga dapat berakibat fatal bagi manusia dan hewan peliharaan jika terkonsumsi dalam jumlah banyak.

Daun Ivi (Hedera helix)

Daun ivi (English ivy) atau chang chun teng dapat menyebabkan iritasi kulit, rasa terbakar ada tengorokan jika buahnya termakan, demam, dan ruam. Jika terkonsumsi dalam jumlah banyak, tanaman ini dapat menyebabkan masalah serius. Pada beberapa kasus ekstrem, tanaman ini bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan dan koma.

Philodendron

Berbagai jenis philodendron merupakan tanaman populer untuk taman. Sayangnya, tanaman ini termasuk berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan. Mengkonsumsi tanaman ini dapat menyebabkan tengorokan terbakar, bibir, lidah, dan tenggorokan membengkak, munta-muntah, serta diare.

Penawar Jambe (Cycas revoluta)

Penawar Jambe atau sago palm merupakan salah satu tanaman tertua yang ada di muka bumi. Semua bagian dari penawar jamber, termasuk benih dan akarnya beracun. Memakan tanaman ini dapat menyebabkan muntah-muntah dan diare, bahkan bisa mengakibatkan gagal ginjal.

Lidah Buaya (Aloe vera)

Meski terkenal sebagai salah satu tanaman obat, kulit terluar dan lapisan dalam lidah buata dapat menyebabkan iritasi bagi kulit manusia. Sebelum menggunakannya sebagai obat atau mengkonsumsinya, sebaiknya Anda membersihkan lapisan berwarna kuning terlebih dahulu.


Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel