177 Kamis, 15 Agustus 2013 | 03:58:08

Sekolah Berfasad Panel Surya

sekolah-berfasad-panel-surya

Brooks and Scarpa Architects menciptakan sebuah gedung sekolah yang tidak hanya inovatif, tetapi juga ramah lingkungan bagi anak-anak di Los Angeles, Amerika Serikat. Sekolah bernama Animo Leadership-Green Dot School tersebut tepatnya berada di sebuah area permukiman di bagian selatan Los Angeles, tepat di bawah jalur pendaratan LAX, Bandar Udara Internasional Los Angeles.

Gedung sekolah ini secara khusus didesain untuk menguatkan cara pasif usaha menjaga keberlangsungan alam. Tentu, karena lokasinya tidak jauh dari lokasi penerbangan, maka ada berbagai masalah awal yang menuntut untuk diselesaikan sebelumnya.

Namun, tidak berarti unsur estetika, keberlangsungan alam, dan efektivitas biaya tidak diperhatikan dalam proses konstruksi. Salah satu strategi yang paling jelas terlihat adalah penggunaan panel surya sebagai sarana menghimpun tenaga matahari.

Uniknya, panel surya yang ada di sekolah ini tidak hanya sekadar menjadi "penghias" atau diletakkan seadanya. Panel surya di sekolah ini menjadi salah satu identitas utama sekolah lantaran ia menjadi bagian penting dari fasadnya.

Dengan penggunaan panel solar, sekolah ini sudah mengambil keputusan tepat yang selaras dengan kondisi lingkungan. Pasalnya, Los Angeles merupakan salah satu lokasi yang memiliki banyak "stok sinar matahari". Bangunan yang menghadap ke selatan tersebut tercatat memiliki 650 panel solar untuk memasok 75 persen kebutuhan energi.

Desain sekolah ini, selain dengan panel solar, dilengkapi pula dengan ventilasi yang memastikan adanya pergerakan udara di dalam bangunan sekolah. Semua ini mampu mengurangi emisi karbon lebih dari 1.360.777,11 kilogram.

Tidak hanya khas dengan panel surya berwarna biru yang selaras dengan warna mencolok langit Los Angeles, sekolah ini juga memiliki aksen lain. Di lantai dasar, tampak hiasan berwarna-warni menutupi dinding putih. Cocok untuk menghiasi sekolah yang penuh dengan anak muda dan ide-ide segar para pelajar.


Sumber: Kompas Property

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel