126 Rabu, 14 Agustus 2013 | 12:02:09

Bog Standard, Solusi Kloset Bersih

bog-standard-solusi-kloset-bersih

Hanya Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara lainnya yang menyertakan shower sebagai salah satu standar kelengkapan toilet. Sementara itu, negara-negara lain hanya menyertakan tissue gulung sebagai kelengkapan sanitasi toilet. Tentunya, selain kloset dan cairan alkohol pembersih. Karena tissue begitu penting, berbagai penemuan soal lokasi penyimpanan tissue di kamar mandi, serta posisinya agar mudah diraih pengguna toilet terus dikaji.

Salah satu yang mengkaji penempatan tissue tersebut adalah desainer asal Inggris, Henry Franks. Henry menciptakan "dudukan" tissue dari kayu oak. Uniknya, tempat tissue tersebut menyatu dengan dudukan kloset. Dalam situs resminya, Henry Franks menamai karyanya itu dengan "Bog Standard".

Bog Standard merupakan dudukan kloset dari kayu oak dengan dudukan tissue rol di bagian depannya. Ini merupakan bagian dari proyek penelitian ketika sebuah humor dapat digunakan untuk memperbaiki kondisi sehari-hari. Dengan menempatkan dudukan tissue rol di depan, sekaligus dapat menjadi bukaan toilet yang bersih. Lagipula, penempatan rol tissue pun masih dapat berubah.

Sebagai salah satu solusi sanitasi yang menarik, Frank baru-baru ini menerima penghargaan atas hasil karyanya sebagai Desainer Baru Tahun Ini (New Designer of the Year Award 2013). Hasil karyanya unik yang merupakan perancangan ulang barang-barang sehari-hari. Designboom mencatat, kemungkinan besar inspirasi yang didapat oleh Frank merupakan efek positif dari disleksia.

Franks sudah mendesain berbagai barang yang sekilas terkesan sederhana. Selain dudukan toilet, dia juga membuat berbagai perlengkapan seperti mug, alas mug, bahkan ornamen penghias. Bagi mug yang dia sebut dengan "Muglexia", merupakan bagian dari obyek disleksia sebagai respon atas kondisi disleksia yang ia sandang. Tujuannya untuk memperbaiki obyek, membantu penggunanya menggunakan obyek umum tersebut, serta menyediakan produk dengan fungsi emosional yang lebih tinggi.


Sumber: Kompas Property

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel