139 Senin, 19 Agustus 2013 | 11:39:02

Istana Merdeka, Perpaduan antara Yunani & Romawi

istana-merdeka-perpaduan-antara-yunani-romawi

Istana Merdeka merupakan salah satu landmark Jakarta. Bangunan ini disebut memiliki bentuk arsitektur bergaya neo-Greeco Roman.

Dosen Arsitektur FTUI, Budi Adelar Sukada seperti dikutip dari Buku "Bung Karno Sang Arsitek" karya YUke Ardhiati mengemukakan gaya arsitektur tersebut merupakan campuran antara bangunan Yunani lama dan gaya bangunan Romawi.

"Cirinya adalah bentuk kotak empat persegi panjang yang dinding depannya sengaja dimundurkan supaya menghasilkan aula atau hall terbuka," katanya.

Sisi terdepan hall tersebut, lanjutnya, diberi deretan tiang berukuran raksasa yang meniru salah satu jenis tiang bangunan gedung periode Yunani lama atau Romawi.

Di Istana Merdeka, deretan tersebut terdiri dari tiang tunggal, sedangkan di Eropa ada juga yang terdiri dari deretan tiang ganda. Gaya bangunan neo-Greeco Roman pada umumnya lugas, tidak banyak memakai ornamen dan dekorasi. Karena bangunan tersebut dibuat bukan untuk bangunan kerajaan melainkan untuk pelayanan umum dan pemerintah.

"Gaya bangunan tersebut menjadi pilihan warga biasa, yang meskipun kaya tapi tidak termasuk anggota bangsawan," kata dia lagi.

Istana Merdeka menggunakan bangunan tersebut karena pemiliknya juga bukan anggota keluarga kerajaan.


Sumber: Okezone Property

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel