145 Senin, 19 Agustus 2013 | 10:48:29

Aneka Limbah Rumah Tangga yang Bermanfaat untuk Taman Anda

aneka-limbah-rumah-tangga-yang-bermanfaat-untuk-taman-anda

Pada dasarnya hampir semua sisa bahan masakan atau limbah rumah tangga dapat dimanfaatkan bagi taman atau kebun Anda, misalnya sebagai bahan pupuk kompos. Pasalnya, bahan-bahan tersebut merupakan senyawa organik yang mengandung nutrisi atau bahan tertentu.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasan lebih spesifik mengenai kegunaan limbah-limbah tersebut.

Ampas Kelapa
Ampas kelapa dapat membuat tanaman rajin berbuah. Caranya, taburkan sisa ampas kelapa di sekitar tanaman, gunakan layaknya memberikan pupuk pada tanaman. Lakukan dua kali dalam seminggu.

Kulit Pisang
Selain menyuburkan tanaman, juga bisa menghindari kerontokan daun. Caranya, ambil kulit pisang dan simpan selama beberapa hari sampai berwarna kecoklatan dan tampak kering. Kemudian tumbuk hingga lembut, lalu taburkan tiap pagi dan sore pada tanaman.

Ampas Teh
Ampas teh juga dapat menyuburkan tanaman seperti halnya ampas kelapa dan kulit pisang. Caranya, taburkan ampas teh di sekitar akar tanaman sambil dibenamkan ke dalam tanah. Apabila menggunakan teh celup, buka dulu kertas yang membungkus ampas teh.

Air Cucian Beras
Air cucian beras bermanfaat untuk menambah volume buah-buahan di taman Anda. Contoh konkretnya dapat Anda coba disiramkan setiap hari ke pohon mangga yang masih muda, dan setelah mulai berbuah, ukurannya pun akan lebih besar dari normal.

Air Cucian Daging
Air cucian daging bermanfaat membuat rasa buah mangga menjadi lebih manis. Sebaiknya penyiraman dilakukan seminggu dua kali sebelum pohon mangga Anda mulai berbuah.

Air Bekas Kondensasi AC
Air bekas kondensasi AC ini dapat menyuburkan bunga mawar. Caranya, siramkan air dingin bekas kondensasi AC ke bunga mawar setiap hari. Selain itu, Anda harus rajin memotong bunga yang sudah kering agar tunas dan kuncup bunga yang baru dapat tumbuh lagi.

Sisa Obat
Sisa obat juga berguna sebagai penyubur tanaman. Caranya, hancurkan obat-obatan hingga menjadi bubuk, lalu sebarkan di taman secara merata. Yang perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak memberikan obat-obatan tersebut, karena justru akan menyebabkan tanaman mati.

Koran Bekas
Koran bekas dapat berantas gulma. Caranya, letakkan lembaran-lembaran koran di antara bedeng tanaman, di bagian tanah yang ditumbuhi gulma. Sirami atau semprot dengan air sampai koran basah.

Kulit Bawang
Kulit bawang mampu menyuburkan tanaman. Kumpulkan kulit bawang merah atau putih, rendam dalam air secukupnya selama satu malam. Esok harinya, siramkan air tersebut beserta kulit bawang ke tanaman.

Cangkang Telur
Cangkang telur kaya akan kalsium yang dapat memperkuat tangkai tanaman. Caranya, keringkan cangkang telur dari sisa-sisa putih telur, kemudian hancurkan hingga halus. Sebarkan serbuk cangkang di sekitar tanaman sebulan sekali.

Selamat mencoba!


Sumber: Rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel