143 Selasa, 27 Agustus 2013 | 11:16:28

Sehat dengan Aromatik Terapi Tanaman

sehat-dengan-aromatik-terapi-tanaman

Taman yang diperlukan tidaklah selalu harus luas. Dengan memanfaatkan sebuah sudut taman yang dekat dengan tempat dimana pengunjung taman dapat duduk tenang menikmatinya, terapi aroma dapat dihadirkan di rumah. Wangi dihasilkan baik dari jenis semak, rumput, pohon besar hingga tanaman sayur atau rempah-rempah. Tetapi umumnya, didapat dari harum bunga yang sedang mekar.

Agar tanaman berbunga sepanjang tahun ada tips yang dapat dilakukan, yaitu memilih jenis tanaman yang sesuai dengan iklim, dan menempatkannya di area yang kondusif untuk Pertumbuhan bunganya. Kondisi ini antara lain, menanam tanaman pada tanah subur dan lokasi yang dapat menerima panas di siang hari sesuai kebutuhan tanaman.Sedangka, untuk menarik aroma bunga hingga ke dalam ruangan atau teras dapat dilakukan dengan memanfaatkan arah angin yang menuju ruang dalam rumah atau teras.

Berikut ini ada enam jenis tanaman yang popular digunakan pada taman rumah iklim tropis dan khasiatnya dalam terapi aroma.

1. Bunga Melati (Jasminum grandifolium)

Jenis melati cukup banyak, ada yang bernama melati keraton hingga melati tumpuk. Wangi bunga Melati ini merupakan jenis terkuat dan paling khas dari sekian banyak wangi bunga-bunga lainnya, serta wanginya akan semakin tajam pada malam hari. Karena kekuatan wanginya tersebut, suku Indian menamakan jenis ini "Queen of the night".

Khasiat dari terapi aroma melati adalah dapat mengurangi sakit/nyeri, anti despresi, anti radang, pengontrol kuman dan bakteri, penenang, menstimulasi kerja saraf, mengurangi pegal dan kram, zat penambah nafsu seks, dan dapat menambah produksi asi bagi ibu-ibu setelah melahirkan.

2. Kenanga (Cananga odorata)

Tanaman semak tinggi yang tumbuh sepanjang tahun ini juga dikenal dengan nama Ylang Ylang di Malaysia. Tumbuh sangat baik di daerah tropis, seperti Indonesia yang memang merupakan asal tanaman ini.

Fungsi utamanya adalah sebagai anti depresi, anti bakteri dan kuman, mengurangi keinginan seksual, menurunkan tekanan darah, dan memberikan efek menenangkan bagi siapa saja yang menghirup aromanya.

3. Salvia (Salvia sclaria)

Keluarga bunga Salvia ada banyak macamnya. Di Indonesia bahkan ada yang salah menamakannya sebagai Lavender karena bentuk bunganya yang mirip dan wangi. Bunganya ada yang berwarna ungu kebiruan hingga merah muda keputih-putihan.

Jika terlalu banyak menghirup atau menggunakan sari minyaknya akan mengakibatkan perasaan seperti menghisap narkotik. Dengan kandungan tersebut, khasiat yang utama adalah sebagai obat anti depresi, anti kuman dan bakteri, meningkatkan gairah seksual, mengecilkan pori-pori kulit, meringankan sakit perut akut/tiba-tiba, melancarkan pencernaan makanan, membantu siklus menstruasi yang teratur, mengurangi tekanan darah, meningkatkan dan memperbaiki kinerja sistem saraf, bersifat menangkan serta menguatkan dan menyegarkan tubuh.

4. Sedap Malam (Polianthes tuberosa)

Jenis bunga ini banyak sekali digunakan diberbagai macam acara. Wanginya yang khas dapat memberikan efek tenang dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dapat digunakan sebagai anti depresi, memberikan efek hipnotis, membuat rasa kantuk dan memberikan kesan sensual.

5. Mawar (Rosa centifolia, Rosa damascena. Rosa gallica)

Banyak jenis mawar yang dengan mudahnya kita temui di sekitar kita. Warnanya pun bermacam-macam. Kehadiran warna warni bunga tersebut dapat menyemarakkan taman sehingga terkesan lebih romantis dan feminis.

Khasiat utamanya adalah: anti depresi, anti kuman dan bakteri, meringankan kejang-kejang dan kram pada otot, meningkatkan gairah seks, membantu siklus menstruasi yang teratur, meningkatkan kinerja liver, menstimulasi kinerja sistem syaraf, menenangkan, dan menguatkan kandungan.

6. Cempaka (Michelia champaca)

Bunga yang ternyata berasal dari India ini telah kerap kali digunakan pada bahan pembuatan wewangian dan aromaterapi. Bunga ini mempunyai arti yang cukup sakral dekat dengan perihal Dewa dan Dewi, yaitu sebagai jelmaan Laskhmi. Baik sebagai anti depresi, menghangtkan tubuh, menambah keyakinan diri hingga meringankan kram perut terutama saat menstruasi serta ketidakteraturan tanggal datang bulan. Juga sebagai meningkatkan gairah seks, dan memberikan rasa eksotis sensual dan dewasa pada parfum.

 


Sumber: Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel