169 Senin, 15 Juli 2013 | 01:01:41

Lihat Kebutuhan, Jangan Asal Pilih Lantai

lihat-kebutuhan-jangan-asal-pilih-lantai

Jika sedang memilih-milih metarial lantai yang cocok untuk rumah Anda, cobalah untuk tidak terburu-buru menentukan pilihan. Saat ini ada begitu banyak pilihan lantai bisa didapatkan, mulai lantai keramik hingga bahan-bahan lain yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Namun, walaupun banyak pilihan, ada beberapa hal sebaiknya Anda perhatikan sebelum menentukannya. Dengan berhati-hati, Anda tidak perlu kehilangan lebih banyak uang untuk pemasangan dan penggantian lantai. Berikut beberapa gagasan bisa dipertimbangakan sebelum memutuskan bahan lantai paling cocok untuk rumah Anda:

Tentukan tujuan

Setiap ruangan memiliki kegunaannya tersendiri yang berbeda-beda. Beda ruangan, nuansanya juga sudah pasti berbeda. Untuk nuansa hangat, Anda dapat memilih kayu atau batu alam berwarna gelap. Sementara untuk kesan minimalis modern yang simpel, Anda dapat menggunakan acian semen plester atau keramik bernuansa putih dengan ukuran besar.

Soal pola, pemakaian pola kecil membuat rumah Anda akan tampak lebih sempit. Sebaliknya, pola besar membuat rumah tampak lebih luas.

Kekuatan lantai

Perhatikan juga kekuatan bahan penutup lantai. Sebaiknya, Anda menggunakan bahan yang tahan gores pada area yang banyak dilalui orang, seperti ruang tamu, ruang duduk, dapur, dan ruang makan.

Adapun bahan yang lebih rentan goresan, seperti parket misalnya, lebih cocok digunakan di dalam kamar tidur. Anda dapat juga menggunakan batu alam yang tidak mudah pecah saat diinjak.

Memilih bahan

Beberapa bahan yang dapat Anda pertimbangkan antara lain batu alam, mozaik dari marmer atau granit, lantai kayu sintetis, dan keramik. Untuk pemasangan batu alam, Anda hanya perlu menjadikan acian semen yang dihaluskan sebagai dasar. Mozaik dari marmer atau granit pecah dapat Anda gunakan sebagai dinding pantry atau kamar mandi.

Sementara itu, lantai kayu sintetis atau biasa disebut juga dengan laminate floor, cara pemasangannya cenderung mudah. Anda cukup meletakkan di atas lantai lama, lalu dikunci dengan sistem quick lock. Lantai jenis ini tampilannya hampir seperti parket kayu. Namun, bahannya lebih murah dan durabilitasnya lebih rendah.

Keramik juga masih dapat menjadi pilihan Anda. Keramik kini hadir dengan berbagai macam motif menyerupai kayu, marmer, granit, metal, dan berbagai benda lain. Keramik lebih kuat dan tahan lama dari jenis lantai lainnya, mudah dibersihkan, dan lebih murah dari batu alam yang asli.

Anda pilih yang mana?

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel