143 Kamis, 18 Juli 2013 | 09:00:52

Inilah Kelebihan Sistem Rangka Baja Ringan

inilah-kelebihan-sistem-rangka-baja-ringan

Penggunaan rangka baja ringan selain merupakan salah satu solusi pembuatan rumah tahan gempa, juga mempunyai banyak keunggulan dibandingkan penggunaan rangka atau kuda-kuda kayu.

Hal itu diungkapkan oleh Engineer & Development Manager NS Bluescope Lysaght, Irosa Wahyudi di Jakarta, Rabu (17/7).

Menurut Irosa, ada tiga keunggulan utama penggunaan sistem rangka baja ringan dalam pembuatan rumah. Pertama, tahan gempa.

“Sistem rangka baja ringan berbeda dengan material solid seperti batako yang tidak fleksibel. Fleksibilitas dalam sistem rangka baja ringan membuatnya tidak mudah retak saat terjadi gempa, dia cenderung mengikuti pergerakan getaran,” kata Irosa.

Irosa melanjutkan, keunggulan kedua adalah tidak akan lapuk dan terkena rayap. Sistem ini berbeda dengan penggunaan rangka atau kuda-kuda kayu yang mudah lapuk dan terkena rayap. Menurut Irosa, rangka baja ringan akan selalu diberi lapisan atau coating yang sesuai kebutuhan, misal untuk pembangunan di daerah tepi pantai, maka coating anti korosi air laut dapat disapukan lebih tebal.

Keunggulan ketiga adalah kecepatan dalam pembangunan rumah. “Hal ini pernah kami buktikan saat membangun rumah untuk korban tsunami Aceh, dimana untuk membangun satu unit rumah sederhana tipe 36 kami hanya membutuhkan waktu satu minggu,” ungkap Irosa.

 

Sumber : Rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel