154 Selasa, 16 Juli 2013 | 09:20:59

Inilah Tips Agar Home Theatre di Rumah Tampil Maksimal

inilah-tips-agar-home-theatre-di-rumah-tampil-maksimal

Saat ini bermunculan film yang berformat 3D alias tiga dimensi. Memang efek suara dan gambar yang dihasilkan film itu menjadi lebih seru dan mengasikkan. Seperti film Avatar yang disutradarai James Cameron yang memiliki Efek-efek suara dan gambar yang ada akan membuat tontonan menjadi lebih seru dan mengasyikkan. 

Memang menonton film itu tanpa perangkat audio yang memadai terasa hambar. Dipasaran terdapat untuk mendukung audio tersebut atau biasanya disebut juga home theater. Menurut James Eric Pribadi, General Sales Manager IMS Indonesia—distributor eksklusif dari Denon, Marantz dan Boston Accoustic—home theatre diciptakan untuk menghadirkan bioskop di rumah.

“Nah, tren saat ini yang serba digital yang membuat kesan seperti menonton di bioskop tersendiri. Perkembangan zaman memicu upaya untuk mengantar kesan ini ke ruang keluarga dalam rumah. Untuk itu terciptalah suatu sistem yang dinamakan home theatre. Tujuannya memindahkan suasana dan keunggulan suara di bioskop ke rumah sendiri,” jelas Eric pada awal Juli lalu.

Beberapa tips yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah home theatre di rumah tampil maksimal.

Perangkat Audio. Suara dan bunyi pastinya tergantung dengan mutu speaker. Idealnya, perangkat home theatre memiliki minimal lima speaker dengan output berbeda, dua front speaker, dua surround, satu center dan sebuah sub woofer.

Akustik. Dentuman dan bunyi yang dihasilkan oleh perangkat home theatre Anda lebih terasa, tutupi kaca jendela dengan tirai. Tidak hanya jendela, lantai dan dinding pun sebaiknya dilapisi dengan glasswool atau wallcover. Dengan demikian, bunyi yang dikeluarkan tidak akan terpantul kembali.


Besaran Ruang. Luas ruangan yang dibutuhkan untuk menciptakan suasana layaknya di dalam bioskop. Jika Anda menggunakan plasma TV sebaiknya ruangan yang dipakai minimal 3×4 meter. Tapi jika proyektor jadi pilihan Anda, gunakan ruangan seluas 4×6 meter untuk kenyamanan Anda.


Penerangan. Kondisi cahaya ruangan berpengaruh terhadap gambar yang dihasilkan oleh layar. Untuk pencahayaan terang, plasma TV mampu menghasilkan gambar yang cukup optimal. Sementara jika menggunakan layar proyektor, dianjurkan untuk mengkondisikan ruang dalam pencahayaan yang lebih gelap, agar gambar yang dihasilkan bisa semakin tajam.

 

Sumber : Rumah 123

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel