132 Selasa, 23 Juli 2013 | 01:10:19

Tetap Hemat Energi Saat Mencuci

tetap-hemat-energi-saat-mencuci

Banyak orang salah menggunakan mesin cuci, akibatnya konsumsi listrik dan air jadi berlebihan. Coba aplikasikan beberapa poin berikut, kemudian bandingkan konsumsi listrik dan airnya:

Mencuci pakaian sekaligus banyak. Setiap mesin cuci punya kapasitas yang berbeda, ada yang 1kg, 2kg, dan sebagainya. Mengapa tidak kita penuhi saja mesin cuci sesuai kapasitasnya? Dengan demikian pekerjaan mencuci tidak perlu sering dilakukan, konsumsi listrik dan air pun lebih hemat.


Atur fitur pencucian sesuai bahan pakaian yang dicuci. Mencuci pakaian berbahan katun menggunakan pengaturan fitur pencucian untuk bahan jeans , jelas sebuah kesalahan. Fitur pencucian untuk bahan berat biasanya lebih banyak mengonsumsi listrik. Kalau hanya mencuci pakaian berbahan ringan seperti katun, kaos, dan sebagainya, gunakan fitur yang sesuai, yang konsumsi listrik dan airnya juga lebih rendah.


Untuk mesin cuci, gunakan deterjen yang kadar busanya rendah. Pembilasan lebih cepat dan mudah, bagian dalam mesin cuci pun lebih awet, jadi lebih hemat, kan ?


Jangan lupa untuk selalu membersihkan filter air secara berkala dan teratur. Begitu pula dengan bagian-bagian mesin cuci lainnya. Penyumbatan pada filter air, atau exhaust fan yang kotor pada dryer, membuat mesin cuci bekerja ekstra, konsumsi listrik dan airnya pun ekstra.


Gunakan pengering (dryer ) hanya saat cuaca mendung atau hujan. Saat hari cerah dan matahari bersinar terang, lupakan dryer, jemur saja! Biarkan pakaian kering alami.


Itu tadi untuk yang mencuci dengan mesin, bagaimana dengan yang mencuci dengan tangan. Ada beberapa poin yan perlu diperhatikan juga.

Jangan gunakan terlalu banyak deterjen hingga busanya tebal. Taburkan deterjen seperlunya saja, dengan demikian proses pembilasan tidak menghabiskan terlalu banyak air.


Gunakan cara alami untuk membersihkan noda, misalnya cuka, jeruk nipis, atau baking soda , yang efektif menghilangkan noda. Jadi tidak harus menggunakan banyak deterjen atau zat kimia pembersih lainnya.


Yuk, kita coba beberapa poin di atas. Mencuci lebih bersih, tetap hemat energi.

 


Sumber: Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel