175 Rabu, 03 Juli 2013 | 04:56:24

Membangun Rukan, Berbisnis di Rumah

membangun-rukan-berbisnis-di-rumah

Tuntutan ekonomi yang kian pelik menuntut sejumlah orang mencari nafkah melalui bidang usaha yang memang dikuasainya. Namun, menjadi mandiri dengan berbisnis tak melulu harus lebih dulu "bermarkas" di gedung pencakar langit. Sebagian orang justeru memanfaatkan bangunan rumah kantor atau rukan atau menambahkan ruang baru untuk unit usaha di dalam huniannya. Saat ini, Apabila Anda tertarik memfungsikan rumah sekaligus tempat bekerja, ada beberapa hal perlu diperhatikan, diantaranya:


Kenyamanan

Aspekkenyamanan adalah hal utama yang wajib Anda perhatikan ketika merancang hunian sekaligus tempat usaha berupa kantor, toko, wartel, warnet maupun kios. Pastikan Anda melakukan pembagian ruang privat dan publik secara tepat. Karena, bagaimana pun juga, hunian adalah ruang pribadi yang tak sembarang orang bisa mengaksesnya secara bebas.

Perhatikan pula sirkulasi penghuni rumah. Denah hunian sebaiknya direncanakan dengan matang agar akses antara rumah (area privat) mudah dilakukan. Memperhitungkan kebutuhan sirkulasi penghuni wajib dilakukan untuk memastikan bahwa fungsi dari kedua area tersebut tidak saling bercampur.

Pemanfaatan ruang

Lalu, bagaimana memanfaatkan rumah yang telah berbentuk bangunan jadi? Tentu, ini bukan masalah. Apabila Anda ingin menambahkan fungsi bangunan itu sebagai tempat usaha, ada baiknya gunakan area-area tertentu, seperti garasi, carport, teras, gudang atau loteng (mezzanine), sebagai kantor mungil di rumah Anda. Ini cocok dilakukan jika Anda berprofesi sebagai desainer interior, arsitek atau profesi menjual jasa lainnya. Sementara garasi atau carport pada umumnya dimanfaatkan untuk mereka yang membuka jenis usaha barang dengan membuka kios.

Tampilan

Anda yang ingin menempatkan gerai, kios atau warung di depan rumah sebaiknya merancang desain yang menarik agar mampu mengundang orang-orang yang lalu lalang. Anda bisa memberikan lampu yang terang. Penataan barang pun wajib terlihat selalu rapi agar pembeli merasa nyaman dan barang yang dibutuhkan pun dapat dicari dengan mudah tanpa harus membuang waktu lama.

Anda tertarik mencoba berbisnis di rumah?

 


Sumber: Kompas Property.

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel