176 Rabu, 17 Juli 2013 | 02:26:07

Mungil & Murah, Keunggulan Rumah Jamur Pertama di Dunia

mungil-murah-keunggulan-rumah-jamur-pertama-di-dunia

Di kota dengan julukan Big Apple ini tak hanya berdiri bangunan-bangunan pencakar langit (skyscraper), tapi juga rumah-rumah dengan konsep ekologis. Bahkan ada sebuah rumah yang terbuat dari jamur.Bagaimana bisa? Rumah ini adalah ide dari sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang sains, Ecovative. Material bangunan sepenuhnya menggunakan kayu yang diisi dengan bahan yang terbuat dari jamur.

Dinding kayu pada rumah ini dilapisi dengan lapisan miselium yang terbuat dari cacahan jamur atau akar. Lapisan jamur tersebut mampu mengisolasi dinding dan membuatnya kedap udara dan memiliki perlindungan suhu panas yang baik.

Menurut Ecovative, material yang dipakai selain berbasis hijau juga terjangkau dari sisi harga. Masih ada berbagai kelebihan lainnya, seperti tahan api dan tidak memiliki senyawa volatil (VOCs) yang berbahaya bagi kesehatan. Langit-langit rumah pun terbuat dari material jamur.

"Pada intinya, visi kami dalam industri bangunan adalah untuk menawarkan arsitek, kontraktor sekaligus konsumen bahan ramah lingkungan. Serta hemat energi dengan harga yang murah. Artinya sehat untuk kesehatan, lingkungan dan kantong kita," kata Co Founder Ecovative Ebeb Bayer, seperti dialnsir Inhabitat

Meski berukuran mungil (12 x 7 jejak kaki orang dewasa), namun rumah ini telah dinobatkan sebagai rumah jamur atau berbasis miselium pertama di dunia. Rumah contoh yang pertama telah selesai dibangun dan kini diangkut dari Green Island, New York menuju Vermont untuk ditampilkan dalam pameran rumah mungil 2013 yang diselenggarakan di sana.

 


Sumber: Okezone Property.

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel